Air Seni Berwarna Kuning Merupakan Penyebab Gejala Penyakit

gejala penyakit
(Sumber : saranginfo.com) Air Seni Berwarna Kuning Merupakan Penyebab Gejala Penyakit

Gejala Penyakit Dalam tubuh manusia dapat diketahui ketika zat-zat yang kita makan itu masuk, maka tubuh secara otomatis akan menyerap zat-zat  yang beracun bagi tubuh. Proses pembuangan itu ada yang menghasilkan keringat, feses dan urine. Dalam beberapa kasus, tidak semua zat yang baik akan bisa disimpan oleh tubuh. Tentu saja hal ini adalah hal yang tidak baik bagi tubuh. Biasanya, ketika beberapa zat penting seperti protein, sel darah merah dan sejumlah zat baik lain tidak ikut terserap dalam tubuh, mereka akan ikut terbuang bersama urine dan feses. Hal itu ditandai dengan warna (bagi urin) dan bentuk yang tidak normal (bagi feses). Hal ini tentunya menandakan bahwa tubuh sedang tidak dalam keadaan yang cukup sehat.

Para medis biasanya menggunakan urine sebagai tanda apakah tubuh sedang dalam keadaan sehat atau sebaliknya. Warna yang keluar dari urine menandakan keadaan tubuh anda. Berikut ini akan saya sertakan beberapa tanda warna urine yang menandakan anda sakit atau tidak.

Warna Urin Bening

Ketika anda mengeluarkan urine dan anda mendapati warna urine anda bening, ada beberapa hal yang mungkin terjadi pada tubuh anda. Hal-hal tersebut mengindikasikan;

Tubuh Sehat. Warna bening bisa berarti tubuh anda sedang dalam keadaan sehat. Artinya tubuh ada mendapatkan cukup cairan atau terhidrasi dengan baik.

Keracunan Air. Keadaan ini bisa saja terjadi meskipun warna urine anda bening. Hal ini terjadi ketika anda terlalu banyak minum. Keadaan terlalu banyak minum bisa menyebabkan anda keracunan air. Meminum air terlalu banyak, meskipun tidak berbahaya, akan tetapi tidak menyehatkan bagi tubuh anda. Maka minumlah air secukupnya. Jangan sampai kekurangan, juga jangan sampai kelebihan.

Air urin Tidak berwarna

Keadaan dimana urine anda tidak berwarna sama sekali menandakan anda sedang dalam kondisi yang cukup serius.

Diabetes. Warna yang sangat bening bisa menandakan bahwa anda sedang terkena diabetes. Biasanya, ketika anda terserang diabetes, gejala lain selain urine anda yang kelewat bening adalah rasa haus yang sering dan sering juga buang air kecil. Apabila anda mengalami hal ini, maka segeralah anda pergi ke dokter.

Air Urin Berwarna Kuning

Kebanyakan orang beranggapan bahwa urine yang berwarna kuning adalah urine yang sehat. Padahal tidak semua urine yang berwarna kuning itu sepenuhnya sehat. Selain itu warna kuning pada urine itu bermacam-macam. Berikut beberapa jenis warna kuning pada urine.

  • Kuning Pucat seperti Madu. 

Urine yang memiliki warna kuning pucat seperti madu umumnya menandakan bahwa anda sedang dalam keadaan sehat.

  • Kuning gelap

Ketika anda kencing, coba anda perhatikan warna urine anda. Jika warna yang keluar adalah kuning gelap, maka anda sedang kekurangan cairan. Anda mungkin akibat kurang minum air putih. Hal ini terjadi karena air seni menjadi lebih terkonsentrasi. Untuk mengembalikan keadaan tubuh seperti semula, minumlah air putih yang cukup bagi tubuh.

HAL LAIN YANG MENYEBABKAN KENCING ANDA BERWARNA KUNING GELAP YANG MERUPAKAN GEJALA PENYAKIT

  1. Konsumsi Obat/suplemen

Ada beberapa suplemen yang bisa membuat urine menjadi kuning gelap. Suplemen yang mengandung vitamin B-kompleks contohnya. Vitamin ini mampu membuat urine anda berwarna kuning pekat. Hal ini terjadi lantaran vitamin B-kompleks adalah zat yang larut dalam air. Dan apabila kelebihan jumlah vitamin B-kompleks, maka hal itu kemudian secara otomatis diekskresikan oleh tubuh dan membuat urine berwarna kuning pekat. Selain vitamin B-kompleks ada juga obat lain yakni; kina, warfarin, sulfametoksazol yang mampu membuat urine anda berwarna kuning pekat.

  1. Makanan tertentu

Selain suplemen, mengkonsumsi makanan tertentu secara berlebihan mampu membuat urine berwarna kuning pekat. Salah satu contohnya adalah ketika anda mengkonsumsi asparagus terlalu banyak. Hal itu bisa membuat kencing anda berwarna kuning pekat atau hijau.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B-kompleks dan vitamin c dan juga karoten bisa membuat air seni anda berwarna kuning pekat. Untuk membuat tubuh anda tetap sehat, anda harus mengkonsumsi semua makanan itu dengan imbang. Jangan sampai anda terlalu banyak mengkonsumsi salah satu makanan saja. Karena hal itu sungguh tidak baik untuk tubuh anda.

  1. Gejala Penyakit

Selain makanan yang masuk dalam tubuh anda dan juga suplemen atau obat-obatan yang anda konsumsi bisa membuat urine anda menguning, penyakit juga mampu membuat urine anda berwarna kuning pekat. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa membuat urine anda menguning.

Penyakit Kuning.

Penyakit kuning mampu membuat urine anda menjadi kuning pekat. Ketika anda terkena penyakit kuning, bukan hanya urine saja yang menjadi kuning, mata anda dan kulit akan perlahan berubah warna menjadi kuning. Penyakit ini disebabkan oleh akumulasi bilirubin dalam darah. Bilirubin adalah limbah dari pemecahan sel darah merah yang sudah tua. Ketika anda sedang dalam keadaan normal, liver mampu menetralkan bilirubin. Akan tetapi jika anda sedang tidak dalam keadaan baik, bilirubin bisa menyebar dan menyebabkan penyakit kuning. Anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit kuning ini dengan melakukan beberapa hal, antara lain; melakukan vaksin hepatitis A dan B, menjaga berat badan tetap dalam keadaan normal, mengurangi minum minuman keras, tidak sembarangan menggunakan jarum, mengkonsumsi air dan makanan bersih, menyediakan obat malaria jika pergi ke tempat baru atau tempat yang endemik malaria, dan berolah raga secara teratur.

Anemia Hemolitik

Bahaya air seni berwarna kuning pekat salah satunya adalah anemia. Selain penyakit kuning, hal lain yang bisa membuat urine menjadi kuning pekat adalah penyakit anemia hemolitik. Anemia hemolitik adalah rusaknya sel darah merah karena sumsum tulang belakang tak bisa dengan cepat mereproduksi sel darah merah sehingga menyebabkan penurunan jumlah dari sel darah merah.

  • Kuning kecoklatan

Warna urine yang cenderung coklat menandakan ada beberapa hal yang sedang terjadi pada tubuh anda. Beberapa hal tersebut antara lain;

  • Makanan

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan urine berwarna kuning kecoklatan antara lain kacang-kacangan, beberapa buah, dan juga lidah buaya. Tentu karena konsumsi yang berlebihanlah yang menyebabkan urine menjadi berwarna kuning kecoklatan. Maka dari itu konsumsi buah-buahan pun tidak dianjurkan terlalu banyak. Konsumsilah buah-buahan secukupnya sehingga itu bisa berefek baik untuk tubuh anda dan tidak merugikan.

  • Obat-obatan

Beberapa obat-obatan seperti obat anti malaria dan beberapa antibiotik mampu menyebabkan kencing anda berwarna kuning kecokelatan. Maka dari itu, usahakan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan. Konsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter dan kebutuhan tubuh anda.

  • Oranye

Urine yang berwarna cenderung oranye memiliki beberapa sebab. Antara lain;

  • Dehidrasi

Ketika tubuh mengalami dehidrasi berat, maka hal itu bisa membuat urine menjadi berwarna oranye karena urine menjadi sagat terkonsentrasi sedemikian rupa. Hal itu kemudian membuat urine berubah warna menjadi oranye. Maka dari itu, kekurangan cairan dalam tubuh bukanlah suatu hal yang sepele, akan tetapi satu hal yang penting dan harus selalu anda perhatikan.

  • Obat

Pemberian beberapa obat seperti obat antiinflamasi dan beberapa obat yang mengandung vitamin B-kompleks bisa membuat kencing berubah oranye. Konsumsilah obat secukupnya dan juga konsumsi air putih yang cukup untuk menetralisir racun yang masuk dalam tubuh anda.

  • Jus Wortel

Jus wortel, meskipun menyehatkan, akan tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat urine berubah menjadi oranye. Maka dari itu, konsumsilah jus wortel seperlunya saja.

  • Merah atau Pink

Selain berwarna kuning, kencing anda juga bisa berubah warna menjadi merah karena beberapa hal. Antara lain;

  • Konsumsi semangka atau arbei dan buah naga

Mungkin memang terdengar menyeramkan ketika kencing mendadak berwarna merah atau pink. Akan tetapi itu adalah suatu hal yang lumrah ketika kita baru saja memakan semangka atau buah arbei dan sejenisnya terlalu banyak. Hal itu berpengaruh juga pada warna urine kita.

  • Obat dan antibiotik

Selain buah-buahan, obat-obatan dan anti biotik juga mampu membuat urine berwarna merah.

  • Darah ikut keluar

Anda patut memperhatikan apakah ketika urine anda keluar berwarna merah bersamaan dengan keluarnya darah dari alat kelamin anda. Jika iya, mungkin ada infeksi salurah kemih, bahkan tumor jinak atau mungkin kanker. Anda harus segera memeriksakannya pada dokter.

Masalah penyakit ginjal. Warna merah juga bisa diakibatkan karena ada pembentukan batu ginjal atau kista. Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

  • Hijau atau biru

Air kencing juga bisa berwarna hijau atau biru. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan air kencing anda bisa berwarna biru.

Obat-obatan yang mengandung metilen biru. Obat-obatan seperti ini bisa membuat urine anda berwarna biru.

Infeksi saluran kemih. Dalam hal ini, infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri pseudomas bisa menyebabkan urine berwarna hijau.

  • Abu-abu keruh

Abu-abu juga bisa muncul menjadi warna urine anda. Berikut adalah beberapa penyebab warna urine anda menjadi abu-abu.

Infeksi saluran kemih. infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan air seni berwarna abu-abu keruh.

Penyakit. Beberapa penyakit yang menyebabkan urine menjadi keruh dan keabu-abuan adalah ganore, keputihan, dan sifilis. Lakukanlah hidup sehat untuk menghindari penyakit ini.

Bahaya air seni berwarna kuning pekat harus anda waspadai agar dapat mencegah berbagai kemungkinan penyakit yang dapat membahayakan tubuh anda.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*