Resep Baru Daging Ayam Dengan Cara di Asap

Daging Ayam
(Sumber : www.saranginfo.com) Resep Baru Daging Ayam Dengan Cara di Asap

Daging Ayam makanan hasil Olahan, memang banyak orang yang gemari, Namun, bagi Anda yang bosan dengan masakan ayam yang itu-itu saja, seperti digoreng maupun dipanggang, olahan daging ayam yang satu ini patut dicoba.

Namanya Kemebul BBQ, olahan daging ayam yang ini sedang nge-hits di Kota Semarang, Bukan karena jenis ayam yang dipilih tapi cara memasaknya hingga penyajiannya yang sangat lain daripada yang lain. Meski sekilas nampak seperti dibakar namun ayam ini dimasak dengan cara diasap. Kuliner unik ini pertama kali diperkenalkan oleh 3 pemuda asli Semarang, warga yang tinggal di Jalan Sapta Prasetya, Pedurungan, Semarang. Warung Kemebul BBQ dibuka sejak setahun lalu, tapi hanya melayani pre-order.

Olahan Daging Ayam Dengan Cara di Asap Khas Kemebul

Untuk memasak ayam asap khas Kemebul memang harus ekstra kerja keras dan kemudian Selain butuh waktu lama, ayam asap khas warung Kemebul juga disajikan dengan memperhatikan pakem-pakem tertentu. “Ide kami muncul tahun 2016 lalu, Jadi Kemebul BBQ ini, kita lebih pada konsep jalanan, Namun rasanya tidak kalah dari masakan restoran.

Oven Pengasap Rakitan Sendiri

Memilih konsep jalanan, alat pengasapan yang digunakan pun unik dan kemudian Kalau di restoran mewah biasanya memakai oven pabrikan, tapi Koko menggunakan oven hasil modifikasi sendiri. Bahannya menggunakan dua buah tong yang dirakit sedemikian rupa.

Pada oven rakitan ini juga dipasang sebuah termometer untuk mengontrol suhu.

Satu tong besar digunakan untuk tempat pengasapan serta tong lainnya untuk sumber api, kemudian 1 oven tong tersebut mampu mengasapi 50 potong paha ayam seberat 6 kilogram. Proses pembakaran yang dilakukan untuk mendapatkan asap pun tidak memakai listrik, namun kayu bakar.

Untuk sekali memasak ayam di atas alat pengasapan, dibutuhkan waktu hingga 4 jam lamanya dengan suhu antara 150-175 derajat Celsius. Sebelum diasap, daging ayam lebih dulu direndam dengan bumbu tabur rempah-rempah dan kemudian Pilihan daging pun khusus hanya paha atas dan bawah.

“Kayu bakarnya juga harus khusus dan Kita memakai kayu buah, seperti pohon mangga dan matoa. Kalau pakai kayu buah, hasil pengasapannya bikin ayam tidak menyengat serta aromanya enak.

Setelah ayam benar-benar matang, barulah ayam asap ini disajikan dan setelah itu Penyajiannya pun khusus agar Ayam Kemebul BBQ ini juicy. Kita tidak pakai nasi dan Bumbunya mushroom sauce atau saus barbekyu dengan sajian mashed potatos dan coleslaw. Sajian ini sengaja kita adopsi dari resep Cajun, wilayah di negara bagian Amerika.

Untuk 1 porsi Ayam Kemebul BBQ dijual dengan harga Rp 30.000 plus air mineral dan Meski tidak membuka lapak jualan, pesanan untuk Kemebul BBQ harinya selalu ramai. Bahkan mereka sempat kerepotan mengingat keterbatasan kapasitas oven yang dipakai dan lamanya waktu memasak yang dibutuhkan.

BACA JUGA :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*