Rata-Rata Orang Dewasa Pasti Pernah Mengalami Yang Namanya Sakit Ambeien

Sakit
(Sumber:www.saranginfo.com) Rata-Rata Orang Dewasa Pasti Pernah Mengalami Yang Namanya Sakit Ambeien

Rata-rata orang dewasa pasti pernah mengalami yang namanya sakit ambeien. Sakit ambeien ini merupakan sakit yang disebabkan karena adanya pelebaran dan penebalan yang terjadi pada pembuluh darah vena yang bisa mengakibatkan timbulnya sakit ambein ini. Penyebab dari penyakit wasir ini adalah masalah karena konstipasi dan sembelit yang dialami selama bertahun-tahun.

Penyebab lainnya adalah karena duduk dan berdiri terlalu lama tanpa bertukar posisi, mengejan terlalu lama dan terlalu kuat saat buang air besar, karena keturunan atau faktor gentika, dan juga karena masalah makanan yang mengandung makanan yang pedas. Selain memberikan rasa sakit, wasir juga dapat memberikan rasa minder dan malu pada penderitanya. Kebanyakan wasir terjadi didalam tubuh, sedangkan wasir yang terjadi di luar tidaklah seberapa banyak jumlah penderitanya.

Sakit Ambeien Karena Adanya Pelebaran Dan Penebalan Yang Terjadi pembuluh Darah

Penyakit ambeien atau biasa disebut juga dengan penyakit wasir, dan kemudian dalam bahasa Inggris penyakit ambeien disebut Hemorrhoid dan pada bahasa kedokteran penyakit ambeien disebut Piles. Merupakan penyakit atau gangguan di anus dimana bibir anus (Sphinchter Ani), sehingga mengalami pembengkakan yang terkadang penyakit ambeien ini juga disertai pendarahan.

Wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati, kemudian dalam mengobati wasir tidak cukup hanya dengan mengobati wasirnya, tapi kontraksi otot anusnya juga harus diperbaiki. Jangan acuhkan dan remehkan bahaya penyakit wasir karena penderitanya dapat dibuat menderita seumur hidup apabila wasir tidak tertanggulangi dengan baik sampai ke akar-akarnya.

  • Penyebab Penyakit Ambeien atau Wasir (Hemoroid)

Vena-vena di sekitar dubur cenderung untuk meregang dan menonjol atau membengkak. Bengkak urat (wasir) dapat berkembang dari peningkatan tekanan pada rektum yang lebih rendah.

Faktor-faktor yang mungkin menyebabkan tekanan meningkat meliputi :

Sering sembelit (sulit BAB) karena adanya penekanan feses yang keras pada usus
Sering mengedan saat BAB yang mengakibatkan pembesaran pada pembuluh darah vena disekitar anus
Kebiasaan BAB yang tidak teratur
Kurang baiknya fungsi usus besar karena penggunaan obat pencahar yang berlebihan
Pekerjaan yang menuntut duduk atau berdiri terlalu lama
Sering mengangkat beban terlalu berat
Kegemukan
Hubungan seks melalui anus
Infeksi disekitar anus
Tekanan pada usus akibat pembesaran rahim pada masa kehamilan.
Faktor keturunan
Stres, merupakan penyebab tidak langsung karena dapat menyebabkan gangguan pada organ pencernaan dan kelenjar endokrin sehingga mengakibatkan sembelit dan akhirnya menyebabkan wasir.
Usia lanjut
Mengkonsumsi makanan rendah serat
Jarang melakukan aktifitas fisik
Diare menahun
Jenis Penyakit Ambeien atau Wasir (Hemoroid)

Secara umum, ambeien dibagi menjadi dua jenis, yaitu ambeien internal dan ambeien eksternal dan kedua jenis ambeien ini sama-sama berbahayanya. Bedanya, pada ambeien jenis eksternal lebih bisa dilihat secara jelas dibanding ambeien jenis internal karena letaknya disebelah luar anus.

Ambeien internal merupakan pembengkakan yang terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa di lihat atau di raba. Pembengkakan jenis ini hanya sedikit menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Ciri-ciri yang dapat di ketahui yaitu pendarahan pada saat buang air besar, rasa tidak nyaman saat duduk dan berjalan karena terasa ada yang mengganjal di dalam anus.

Untuk mengetahui gejala awal munculnya wasir atau ambeien terbagi menjadi 4 stadium :

Stadium 1 : tonjolan masih kecil dan belum keluar dan gejalanya darah menetes setiap selesai buang air besar.
Stadium 2 : tonjolan sudah keluar dengan ukuran sedang, dengan gejala jika selesai buang air besar, tonjolan keluar namun akan masuk kembali saat penderita berdiri.
Stadium 3 : ukuran tonjolan sudah lebih besar dan gejalanya, selesai buang air besar tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi kecuali didorong dengan tangan.
Stadium 4 : tonjolan sudah sebesar bola tenis, kemudian tonjolan ini tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong dan harus dioperasi.

Ambeien eksternal adalah wasir yang menyerang anus sehingga akan menimbulkan rasa sakit, perih dan rasa gatal. Kerap kali wasir jenis ini ikut keluar jika ada tekanan di sekitar anus, semisal BAB dan sebagainya. Jika terdorong keluar oleh feses ambeien ini akan mengakibatkan penggumpalan (trombosis) yang menjadikan wasir berwarna biru-ungu. Dalam kondisi ini, maka pembuluh darah yang membengkak itu sangat mudah terluka dan mengeluarkan darah.

  • Ciri-ciri Gejala Ambeien atau Wasir (Hemoroid)

Sebelum menjadi parah ada baiknya kita mengenal gejala ambeien, sehingga kita bisa melakukan pencegahan atau mengobati sedini mungkin. Gejala ambeien kebanyakan terjadi di sekitaran anus, saat ambeien kita kadang merasa ada yang menganjal saat duduk, saat buang air merasa tidak nyaman karena kesakitan. Paling parah ketika ambeien akan ada pendarahan lewat dubur, terasa nyeri, terjadi pembengkakan di daerah dubur, dan keluar cairan melalui dubur.

Darah yang keluar pada penderita ambeien berwarna merah segar dan tidak bercampur dengan feses, bisa saja darahnya hanya sedikit atau bahkan menetes dan mewarnai air toilet. Selain darah, biasanya penderita ambeien merasakan gatal pada bagian anus karena adanya virus dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

  • Pantangan Penderita Ambeien atau Wasir (Hemoroid)

Beberapa hal yang menjadi pantangan bagi penderita ambeien diantaranya tidak duduk terlalu lama dan tidak menggosok/menggaruk dubur berlebihan. Adapun pantangan penderita ambeien dari segi makanan dan minuman adalah hindari mengkonsumsi buah-buahan dengan tingkat keasaman yang tinggi, hindari minuman berkarbonasi, berkafein dan beralkohol. Makanan yang rendah serat juga perlu dihindari seperti keju dan daging karena akan membuat feses keras sehingga sulit untuk dikeluarkan dan menimbulkan rasa sakit pada anus.

Sebelum menjadi kronis, ada baiknya kita menyembuhkan wasir dengan cara yang alami. Kebanyakan penyakit bisa diatasi dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti olahraga secara teratur, makan makanan berserat, minum air yang cukup. Khusus untuk penderita ambeien disarankan untuk menghindari terlalu banyak duduk, terlalu lama jongkok saat buang air besar, tidak boleh menahan kencing atau buang air besar, tidak menggosok dan menggaruk dubur berlebihan, tidak mengeden berlebihan, biasakan berendam pada air hangat. Apabila ambeien menunjukkan gejala yang semakin parah maka dianjurkan untuk langsung ke dokter.

BACA JUGA :

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*