Jenis Buah Dari Kelompok Kaktus

Dari
(Sumber:www.saranginfo.com) Jenis Buah Dari Kelompok Kaktus

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari kelompok kaktus, kemudian dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Kandungan pada buah naga sangat luar biasa dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan gizi dalam tubuh kita. Pada satu buah naga setidaknya terdapat lebih dari 20 gizi penting yang di butuhkan oleh tubuh. Manfaat dan kandungan buah naga sangat baik dalam pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Sangat baik jika dikonsumsi secara rutin maka akan membawa efek positif bagi tubuh kita.

Buah Naga Adalah Jenis Buah Yang Berasal Dari Kelompok Kaktus

Tidak dapat dipungkiri bahwa belakangan ini buah naga menjadi populer di lingkungan masyarakat Indonesia. Masyarakat percaya bahwa buah naga memang memiliki segudang manfaat dalam mengatasi berbagai penyakit dan juga dipercayai dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu buah naga memiliki penampilan yang menarik dan unik. Kulit buah naga yang berwarna merah muda itu dilengkapi juga dengan daun-daun yang terlihat seperti duri-duri pada buah durian.

Banyaknya manfaat yang dihasilkan dari mengkonsumsi buah naga membuat kita tidak heran jika buah naga adalah buah yang cukup popular dan selalu menjadi sasaran utama masyarakat. Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, mulai dari manfaat yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara luas.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh Buah Naga:

  • Mencegah Kanker

Buah naga mengandung antioksidan phytoalbumin yang sangat banyak jumlahnya dan senyawa ini mampu meningkatkan pembentukan radikal bebas karsinogenik yang mencegah sel-sel kanker berkembang dalam tubuh. Selain itu buah naga juga mengefektifkan kerja pembuangan racun keluar dari tubuh, termasuk juga racun-racun yang memicu kanker. Maka dari itu, buah naga sangatlah baik dalam mencegah kanker.

  • Membantu Pembentukan Sel Darah Merah (Hemoglobin)

Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi, seperti yang kita ketahui dalam tubuh kita Sel darah merah (hemoglobin) sangatlah dibutuhkan. Dalam pembentukan sel darah merah dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Sehingga konsumsi buah naga tentu dapat membantu pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan yang dimiliki oleh buah naga dapat mencegah dan menekan resiko penyakit jantung. Maka tidak dapat dipungkiri, mengkonsumsi buah naga merah menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit jantung.

  • Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang sangatlah penting, sebab tulang merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Apabila tulang tidak kuat dan tidak sempurna maka tubuh akan mengalami beberapa masalah atau gangguan tulang yang tentunya akan mengganggu organ penting lainya. Buah naga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor, dan zat besi yang menjadikan buah naga sebagai sumber makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang untuk dapat tetap sehat dan kuat.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Betakaroten yang tinggi menjadikan buah naga sebagai salah satu buah yang dapat menjaga kesehatan mata setelah buah wortel. Seperti yang kita ketahui, betakaroten merupakan kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kejernihan mata.

  • Mencegah Diabetes

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan penyakit diabetes, sebab tidak jarang kita temukan beberapa orang mengalami penyakit satu ini. Pola hidup yang tidak sehat membuat manusia rentan terkena penyakit diabetes. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi buah naga, untuk mencegah serta mengatasi penyakit diabetes. Sebab buah naga dipercaya mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup tidak sehat yang dilakukan oleh manusia.

  • Mendukung Program Diet

Bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan tidak ada salahnya anda mencoba dan menjadikan buah naga sebagai bahan atau alternatif dalam menurunkan berat badan anda. Buah naga merupakan buah yang tinggi protein, namun rendah lemak dan karbohidrat. Sehingga buah naga menjadi buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada buah naga pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan.

BACA JUGA :

Menghisap Rokok Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan Anda

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*