Kalimantan Selatan Merupakan Provinsi Yang Cukup Banyak Memiliki Tempat Unik

Selatan
(Sumber:www.saranginfo.com) Kalimantan Selatan Merupakan Provinsi Yang Cukup Banyak Memiliki Tempat Unik

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang berada di Indonesia dan cukup banyak memiliki tempat-tempat wisata yang unik seperti pasar terapung, jembatan Barito, pulau kembang, makam batu dan masih banyak lagi. Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan jika anda berkunjung ke suatu daerah untuk mencicipi makanan khas penduduk lokal yang biasa mereka makan. Hal ini mungkin sebuah peraturan wajib tapi tidak tertulis pada saat traveling.

Jadi apabila anda berencana ingin pergi berwisata ke Kalimantan Selatan, ada baiknya simak ulasan beberapa makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib anda cicipi berikut ini :

Kalimantan Selatan Banyak Memiliki Tempat-Tempat Wisata Yang Unik

1. Soto Banjar

Mungkin yang paling terkenal dari semua makanan khas Kalimantan Selatan adalah Soto Banjar, bahkan banyak restoran dan warung makan di Indonesia yang mengunakan Soto Banjar sebagai salah satu menu spesialnya. Soto Banjar ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan jenis Soto pada umumnya di Indonesia, perbedaannya mungkin hanya pada kuahnya yang lebih bening. Walaupun begitu ada juga Soto Banjar yang kuahnya agak keruh.

Keunikan Soto Banjar ini dibanding dengan jenis Soto lain di Indonesia yaitu tidak mengunakan nasi tapi melainkan pakai ketupat, dan katanya lebih nikmat lagi kalau disantap bersama Sate ayam atau daging sapi.

2. Ketupat Kandangan

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya yaitu Ketupat Kandangan. Makanan ini mungkin tidak asing bagi sebagian orang, karena di Kalimantan Selatan dan sekitarnya, makanan ini sudah terkenal dimana-mana.

Berbeda dengan Soto Banjar, Ketupat Kandangan ini memiliki kuah yang keruh, karena ditambahkan santan sebagai penambah cita rasanya dan selain itu, terkadang ditambahkan ikan atau telur sebagai variasi lauknya. Perbedaan Ketupat Kandangan dengan ketupat pada umumnya yaitu nasi ketupatnya agak lebih keras tapi, hal ini bukanlah mengurangi citarasanya, justru malah meningkatkan kenikmatan ketupat tersebut.

3. Patin Baubar

Patin Baubar adalah pepes Ikan Patin yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah dan kemudian dimasak dengan cara dibakar ditungku dan bara api sampai rempah-rempah tersebut meresap ke Ikan Patin tersebut. Dengan cara masak seperti inilah yang membuat Ikan Patin ini menjadi lebih nikmat dan makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini sangat nikmat jika disajikan dengan nasi putih hangat saja.

Perlu diketahui juga, di perairan seperti sungai-sungai di Kalimantan Selatan sangat mudah untuk mendapat Ikan Patin, bahkan sekarang ini banyak warga disana yang membudidayakan Ikan Patin tersebut dan warga di Kalimantan Selatan sering memasak Ikan Patin dengan cara dipepes atau dibakar.

4. Manday

Manday adalah Makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini terbuat dari kulit cempedak atau kalau orang Kalimantan Selatan biasa menyebutnya tiwadak yang diawetkan dalam waktu yang cukup lama.

Proses pengawetannya pun cukup sederhana yaitu dicampur dengan garam, kemudian didiamkan dalam tempat yang tertutup rapat. Sedangkan lama pengawetan tergantung selera masing-masing, makin lama akan semakin asam rasanya dan semakin enak. Manday pada umumnya dimasak dengan cara di goreng, walaupun ada juga yang memasaknya dengan cara digulai dan dibakar dengan ditambah beberapa rempah-rempah, maka rasa asam dari kulit cempedak tersebut pasti enak rasanya.

5. Gangan Asam Banjar

Gangan Asam Banjar adalah salah satu sayur khas dari Kalimantan Selatan. Untuk membuat sayur ini harus mengunakan Ikan Haruan atau Ikan Gabus, atau bisa juga diganti dengan Ikan Patin yang banyak terdapat di sungai-sungai Kalimantan Selatan.

Sesuai dengan namanya, sayur berkuah warna kuning ini memiliki rasa sedikit asam, gurih, dan segar yang pasti mengugah selera untuk segera menyantapnya. Katanya, sayur ini lebih nikmat kalau disantap dengan nasi putih hangat.

BACA JUGA :

Daftar Tempat Wisata Di Bogor Terbaru Yang Bagus Dan Hits

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*