Memiliki Hak Khusus Menerapkan Hukum Syari’at Islam

Kuliner
(Sumber:www.saranginfo.com) Memiliki Hak Khusus Menerapkan Hukum Syari’at Islam

Aceh merupakan wilayah bagian barat Indonesia yang dimana Nangroe Aceh Darussalam sebagai ibu kota provinsinya. Kota Aceh dikenal sebagai serambi mekah ini, selain memiliki hak khusus menerapkan hukum syari’at islam, juga memiliki keragaman kuliner. Masyarakat Aceh sangat menghargai apapun makanan yang mereka buat, mereka mengolahnya dengan serius karena guna menghasilkan cita rasa yang maknyus. Menikmati wisata kuliner Aceh adalah hal yang wajib dilakukan pada saat Anda berada di kampung halaman Cut Nyak Dien ini.

Nangroe Aceh Darussalam Memiliki Kuliner Khas

Cita rasa dari masakan Aceh sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa budaya yaitu Arab, Siam, India, China, Spanyol dan Belanda. Akan tetapi cita rasa masakan India dan Arab menjadi yang paling dominan dengan demikian ciri khas makanan Aceh adalah kaya akan rempah-rempah dan bumbu. Tidak heran jika makanan yang disajikan sangat sedap dan begitu menggiurkan. Berikut ini adalah beberapa menu wisata kuliner Aceh yang terkenal.

1. Mie Aceh

Terdengar dari namanya, siapapun rasanya sudah langsung bisa menebak kalau mie aceh adalah makanan yang berasal dari Aceh, karena kelezatannya, banyak kedai yang menjual mie aceh di berbagai kota di Indonesia. Namun, akan lebih sempurna lagi tentunya pada saat Anda bisa mencicipi makanan yang kaya akan rempah ini langsung dari daerah asalnya tersebut. Dalam penyajiannya, mie aceh biasanya dilengkapi dengan berbagai macam campuran daging atau seafood yang salah satunya, resto mie aceh yang terkenal adalah Mie Razali yang bisa Anda kunjungi di Peunayong.

2. Ayam Tangkap

Ayam tangkap merupakan salah satu makanan khas Aceh yang hits dan termasuk dalam daftar kuliner Aceh instagram. Sajian khas Aceh ini terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil, kemudian direndam dalam bumbu khas serta digoreng bersamaan dengan cabai hijau, daun pandan, dan daun temurui. Kenapa di namakan ayam tangkap? Karena untuk menemukan daging ayam, Anda harus mengorak-arik daun dan cabai hijau terlebih dahulu. Soal rasa dijamin juara, rasa gurih dan renyah tentu akan membuat Anda ingin nambah.

Untuk menikmati salah satu hidangan wisata kuliner khas Aceh ini, Anda bisa menambahkan sambal kecap yang dicampur oleh cabe rawit serta bawang merah. Hampir setiap rumah makan di Aceh menyediakan menu ayam tangkap, jadi cukup mudah untuk menemukan hidangan spesial aceh ini. Soal harga pun masih bersahabat, satu porsi ayam tangkap di bandrol dengan kisaran harga Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000. Anda bisa mengajak keluarga atau teman-teman Anda agar lebih seru pada saat “menangkap ayam”.

3. Ayam Pramugari

Satu lagi olahan ayam yang unik dari Aceh yaitu ayam pramugari. Olahan ayam tersebut adalah menu andalan dari sebuah restoran milik Pak Sofyan yang beralamat di Blang Bintang berdekatan dengan Lanud Sultan Iskandar Muda. Bahan baku ayam pramugari ini harus ayam kampung untuk menjamin rasa yang nikmat. Cara memasaknya tidak jauh berbeda dengan ayam tangkap, namun disini ayam dipotong dengan ukuran sedang. Kemudian kenapa dinamakan ayam pramugari? Alasannya cukup unik karena banyak pramugari yang sering menyantap hidangan tersebut dan juga sajiannya yang cantik bak pramugari.

4. Kuah Beulangong

Kari Aceh atau juga dikenal sebagai dengan sebutan kuah beulangong yang merupakan salah satu sajian spesial wisata kuliner Aceh Besar. Beulangong merupakan sebutan warga Aceh untuk belangga besar yang dipakai untuk memasak kari. Aroma sedap dari bumbu serta rempah-rempahnya sangat terasa. Bedanya kari Aceh dengan kari pada umumnya adalah tidak menggunakan air santan tetapi hanya saja ada kelapa parut yang di gonseng bersamaan dengan bumbu yang lain. Biasanya, kuah beulangong di sajikan dengan potongan gading ayam, sapi atau kambing. Kuah ini sangat cocok ditemani dengan minuman es timun yang bisa menetralisir kadar kolesterol dari daging.

5. Canai Mamak KL

Canai Mamak KL (Kuala Lumpur) adalah salah satu resto yang menyajikan kuliner khas negeri tetangga Malaysia yaitu roti canai. Pada umumnya, roti canai tersebut dihidangkan bersamaan dengan kari ayam, kambing, atau sapi. Masih ada berbagai varian canai yang ditawarkan oleh resto ini seperti canai cokelat, canai telor, canai srikaya, bahkan canai es krim. Selain aneka olahan roti canai, resto ini juga menyajikan menu nasi lemak, nasi briyani, mie, dan aneka minuman. Anda bisa mengunjungi resto yang beralamat di jalan Teuku Umar ini pada pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam.

Itulah beberapa wisata kuliner Aceh dengan ciri khasnya yang sangat sedap dilidah dan Kenaekaragaman sajian kuliner kota Serambi Mekkah memang sangat menggoda selera untuk para penikmatnya. Ketulusan hati sang pembuat masakan juga turut adil dalam menghasilkan cita rasa yang tidak terkalahkan. Untuk melestarikan kekayaan kuliner Indonesia dari Indonesia barat ini, tidak ada salahnya untuk mempromosikanya melalui media sosial Anda. Semoga ulasan mengenai makanan khas dari Aceh, semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi Anda sebagai referensi menu yang layak dicoba.

BACA JUGA :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*