Makanan Khas Riau Terutama Makanan Khas Melayu

Makanan Khas
(Sumber:www.saranginfo.com) Makanan Khas Riau Terutama Makanan Khas Melayu

Setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki makanan khas tidak terkecuali juga di Provinsi Riau. Banyak sekali ditemukan makanan khas Riau terutama makanan khas melayu, karena memang mayoritas penduduk Riau kebanyakan adalah suku melayu. Mungkin belum terlalu banyak yang tahu tentang makanan wisata kuliner daerah riau. Padahal makanan dari salah satu provinsi di pulau Sumatera ini tidak kalah sedapnya dengan makanan-makanan asal pulau Sumatera lainnya. Jika anda sedang berkunjung atau berlibur di provinsi Riau, maka tidak ada salahnya anda mampir ke beberapa kedai di Riau untuk mencicipi makanan khas Riau ini.

Makanan Khas Tidak Terkecuali Juga di Provinsi Riau

Berikut makanan khas riau yang terkenal kelezatannya yang harus anda coba:

1. Sop Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang banyak diminati oleh masyarakat Riau ini dan Daging ikan tenggiri yang putih, kemudian empuk ini direbus dengan beberapa sayuran untuk sop. Rebusan sop ini memiliki rasa khas yaitu pedas, asin, dan asam. Rasa pedas merupakan campuran cabai rawit dalam bumbu sop, sedangkan asin berasal dari kecap asin yang digunakan, dan rasa asam yang berasal dari perasan jeruk nipis yang disediakan. Kuah dari sop ini berwarna kecoklatan, namun tidak dapat dipungkiri rasa dari sop ikan tenggiri ini sangat gurih dan lezat. Sop ikan tenggiri dapat dikonsumsi juga dengan nasi putih.

2. Ikan Selais Asap

Ikan khas Riau adalah ikan Selais dana kemudian jenis ikan ini merupakan ikan yang bentuknya cukup unik, kemudian bentuknya yang pipih dan memanjang, sehingga membuat ikan ini berbeda dengan ikan-ikan lainnya. Satu lagi ciri khasnya adalah ikan Selais tidak memiliki sisik. Masakan khas Riau mengolah ikan ini dengan cara diasap selama lebih dari 8 jam. Penyajian dari ikan Selais asap ini adalah dengan dibumbui sambal merah yang menambah cita rasa pedas juga gurihnya. Makanan ikan Selais asap ini juga merupakan salah satu lauk favorit bagi masyarakat Riau.

3. Ikan Patin Gulai

Makanan bergulai dari Riau ini diolah pada ikan patin dan gulainya ini sangat segar, kemudian nikmat rasanya. Kuah kuningnya yang memiliki rasa pedas menyerap pada potongan ikan patin yang tidak diragukan lagi rasanya. Bagi anda yang menyukai ikan tentunya akan sangat menyukai hidangan ikan patin gulai ini.

4. Es Laksamana Mengamuk

Es ini merupakan minuman segar yang menghadirkan bahan utama buah kueni, namanya yang unik dan kabarnya disebabkan oleh kisah seorang laksamana yang mengamuk, karena istrinya dilarikan oleh seorang pemilik kebun kueni. Karena amarahnya, dia menebaskan pedangnya ke segala arah hingga tertebaslah buah-buah kueni di kebun tersebut yang akhirnya hancur. Setelah sang laksamana pulang, para penduduk yang tinggal di dekat kebun tersebut memunguti buah-buah yang sudah tercincang tersebut dan menjadikannya minuman. Es laksamana mengamuk terasa sangat segar dengan kombinasi air santan dengan pemanis gula merah.

5. Es Air Mata Pengantin

Ini merupakan satu lagi nama es yang menarik yang merupakan kuliner khas Melayu riau dan kemudian Es ini mengandung agar-agar dengan berbagai warna, biji selasih, blewah serta nata de coco. Minuman ini disajikan dengan es batu serut dan menjadi pelepas dahaga yang sangat ampuh pada siang hari yang terik. Dari namanya yang unik dan rasanya yang segar dan nikmat es air mata pengantin menjadi salah satu minuman favorit di riau yang merupakan minuman khas riau.

Inilah beberapa makanan khas dari Riau dan anda patut mencobanya jika anda bermain ke Riau.

BACA JUGA :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*