Buah untuk Penambah Darah yang Efektif Mengatasi Anemia

Penambah Darah
(Sumber : Saranginfo.com) Buah untuk Penambah Darah yang Efektif Mengatasi Anemia

Buah untuk penambah darah merupakan makanan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi anemia atau kurang darah. Anemia merupakansuatu kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin. Dimana kadar hemoglobin dalam darah yang normal adalah 13,5 – 18 gram/dl untuk laki-laki dan 12 – 16 gram/dl untuk perempuan. Ciri-ciri anemia antara lain yaitu sering menderita sakit kepala, badan mudah lelah, konjungtiva mata terlihat pucat, rambut mudah rontok, ujung jari berwarna putih ketika ditekan, wajah terlihat pucat, jantung berdebar-debar, kekebalan tubuh menurun, dan sesak nafas. Menderita anemia pastilah sangat mengganggu kesehatan dan kenyamanan dan dapat menurunkan produktifitas kerja.

Berbagai Macam Buah Untuk Penambah Darah Antara Lain Yaitu Sebagai Berikut:

Jambu biji
Buah jambu biji sering digunakan sebagai bahan pembuat jus dan rasanya sangat enak. Jambu biji ada yang dagingnya berwarna merah dan ada juga yang berwarna putih. Untuk meningkatkan kadar sel darah merah

Mangga
Buah mangga merupakan buah yang kaya akan serat. Buah ini enak dikonsumsi baik sebagai jus maupun dikonsumsi secara langsung. Kandungan yang tersimpan di dalam buah mangga antara lain asam folat, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, K, dan berbagai mineral penting seperti zat besi, magnesium, kalsium, tembaga, mangan, dan seng. Semua unsur vitamin dan mineral dalam buah mangga berperan dalam pembentukan dan penyerapan sel darah merah pada jaringan tubuh sehingga merupaka buah untuk penambah darah yang efektif atasi anemia.

Stroberi
Buah untuk penambah darah yang berikutnya yaitu buah stroberi. Buah ini juga kaya akan vitamin C. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh darah antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B6. E, K, zat besi, mangan, dan kalsium.

Jeruk
Buah jeruk merupakan buah untuk penambah darah karena mengandung nutrisi yang berperan aktif dalam pembentukan sel darah merah seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, tembaga, fosfor, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan tentunya dikenal sebagai penghasil vitamin C dosis tinggi. Buah jeruk juga dikenal sebagai buah yang mengandung zat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas

Buah naga
Buah naga juga merupakan buah untuk penambah darah karena mengandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, B1, B3, B12, dan berbagai mineral penting lainnya. Buah ini memang dikenal memiliki kaya manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk meyembuhkan anemia, akan lebih optimal jika Anda memilih buah naga yang dagingnya berwarna merah. Dari warnanya saja yang terlihat sangat merah seperti darah sudah dapat dilihat bahwa buah ini memiliki zat pembentuk sel darah merah, dan dari penelitian bahwa buah yang memiliki warna yang tegas mempunyai kandungan zat antioksidan yang tinggi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*