Kota Palembang Terkenal Akan Sumber Daya Alamnya

Kota Palembang
(Sumber:www.saranginfo.com) Kota Palembang Terkenal Akan Sumber Daya Alamnya

Kota Palembang sudah terkenal sejak dulu, kota tersebut menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya dan selain itu kaya akan sumber daya alamnya seperti gas alam, batu bara, minyak bumi dan masih banyak lainnya. Letak Provinsi Sumatera Selatan berada di bagian selatan Pulau Sumatera dan memliki beberapa tempat wisata unggulan serta termasuk kedalam wisata favorit di Indonesia.

Jika anda seorang penghobi jalan-jalan dan sedang berkunjung ke Provinsi Sumatera Selatan, bisa jadi tempat wisata yang sudah kami rangkum di bawah ini dan bisa menjadi referesi untuk menikmati liburan Anda. Berikut daftar beberapa tempat wisata di Provinsi Sumatera Selatan yang populer dan sering di kunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Kota Palembang Sudah Terkenal Sejak Dulu

1. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil di Sungai Musi yang jaraknya kurang lebih 6-7 km dari Jembatan Ampera. Keistimewaan pulau ini selalu kering walau dalam keadaan air pasang dan tetap tidak memiliki air. Sehingga pulau yang ramai di kunjungi wisatawan ini nampak seperti terapung di atas Sungai Musi. Ikon Pulau Kemaro adalah adanya Pagoda yang berlantai 9 dan menjulang tinggi di tengahnya.

Pagoda ini di bangun pada tahun 2006, selain itu terdapat bangunan klenteng yang bernama Hok Tjiang Rio / Kuan Im yang dibangun sejak tahun 1962. Di depan klenteng tersebut terdapat makam Pangeran Tan Bun An dan Putri Fatimah yang berdampingan. Kisah cinta kedua insan itulah yang menjadi legenda terbentuknya Pulau Kemaro tersebut.

2. Jembatan Ampera

Dulunya Jembatan Ampera bernama Jembatan Bung Karno, pemberian nama Bung Karno ini merupakan sebuah bentuk penghargaan. Kemudian pada tahun 1966 terjadi penggantian nama menjadi Jembatan Ampera dan pada saat pergolakan politik di Indonesia. Jembatan Ampera berada di tengah pusat kota yang menghubungkan daerah seberang Hulu dan seberang Hilir.

Di kawasannya terkenal akan kuliner khas Palembang yang sangat popular dan Jembatan Ampera menjadi semacam Ikon atau lambang kota. Pada awalnya bagian tengah badan Jembatan Ampera bisa dikontrol naik turun, mengingat pada masa itu Sungai Musi merupakan jalur utama perdagangan melalui jalur laut. Seiring berkembangannya kota Palembang, naik turun jembatan kini sudah tidak dioperasikan lagi.

Keindahan akan terlihat mempesona di saat waktu malam hari, jembatan ini akan di hiasi dengan lampu-lampu yang berwarna-warni, sangat terang dan memancar ke segala arah. Di atas jembatan pengujung dapat melihat rumah apung atau rumah sakit yang menjadi rumah khasnya Kota Palembang. Lebih asiknya lagi jika anda datang pada saat di adakannya festival air di Sungai Musi yaitu lomba perahu, lomba menyeberang sungai dan kontes menghias perahu.

3. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari atau Air Terjun Ayek Asam yang menurut warga setempat, bermuara ke Sungai Lematang ini berketinggian sekitar 30 meter dan lebar 10-15 meter. Air terjun ini merupakan salah satu yang terunik, memiliki tujuh puncak dengan tiga kolam pemandian. Bagi pengunjung, warga sekitar menerapkan aturan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Lokasinya berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupatnen Lahat, Sumatera Selatan. Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat dan jaraknya sekitar 16 km. Setelah sampai di Desa Karang Dalam, perjalanan berlanjut dengan cara berjalan kaki dengan melewati kebun kopi, kemudian menembus hutan.

4. Air Terjun Curup Maung

Berlibur ke Air Terjun Curup Maung merupakan salah satu tempat wisata di Kota Palembang yang sudah terkenal ini. Sabtu dan minggu adalah hari favorit untuk menikmati keindahan hempasan Curup Maung serta berenang, berfoto atau bersantai bersama keluarga. Askses jalanan yang menuju ke Air Terjun Curup Maung bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari Ibu Kota Kabupaten Lahat yang menuju ke Kecamatan Gumay Ulu selama 1 jam perjalanan dan kemudian setelah sampai di Desa Padang Muaro Duo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat parkirlah kendaraan Anda di tempat yang sudah di sediakan. Setelah itu perjalanan berlanjut dengan berjalan kaki kira-kira 1 jam melewati jalan setapak, hutan dan kebun kopi.

5. Air Terjun Lematang Indah

Ketinggiannya sekitar 70 meter dan merupakan salah satu tempat wisata alam yang menjadi andalan Kota Pagar Alam. Letaknya yang tepat di pinggir jalan yang menuju ke Kota Pagar Alam pada tikungan yang paling tajam dan menanjak membuatnya mudah di akses, tentunya banyak wisatawan yang mampir disini. Percikan air terjun membuat suasana menjadi sejuk dan kemudian di tambah paronama alam di sekelilingnya yang masih terjaga.

Jalan menuju dasar air terjun sudah tersedia tangga dimana jalan untuk mencapainya. Dari Kota Pagar Alam berjarak 10 km, dengan jalanan beraspal yang cukup baik tetapi banyak tikungan dan berliku-liku. Keberadaan Air Terjun Lematang Indah yang berlokasi di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Palembang. Adapun tiket masuknya sebesar Rp 10.000 / orang merupakan tarif yang sangat murah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*