Cara Mengatasi Bibir Sumbing pada Bayi dan Anak

Sumbing
(Sumber : www.saranginfo.com)

Perawatan bayi bibir Sumbing tentunya berbeda dengan bayi normal pada umumnya. Di sinilah peran penting orang tua dan dokter anak. Orang tua harus aktif mencari tahu tentang cara merawat bayi bibir tersebut agar tidak memperburuk kondisi kesehatannya. Termasuk salah satunya adalah pilihan operasi untuk memperbaiki kondisi setiap jenis bibir sumbing pada bayi. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak untuk minum, makan, bernapas, dan berbicara. Selain itu, ada juga beberapa terapi untuk membuat anak tersebut tumbuh seperti anak normal lainnya. Ketika anak sudah lahir, jangan terlalu fokus mengenai penyebab bibir sumbing, akan tetapi lebih kepada cara mengatasinya.

Berikut Adalah Beberapa Cara Mengatasi Bibir Sumbing Pada Bayi Serta Cara Perawatannya:

Operasi perbaikan bibir

Operasi pertama yang dilakukan biasanya adalah operasi perbaikan bibir sumbing. Langkah pertama ini dilakukan ketika usia bayi sudah lebih dari 1 bulan hingga bayi berusia 4 bulan. Untuk dapat menjalani operasi ini, bayi harus memenuhi beberapa standar salah satunya berat badan minimum bayi. Bayi harus dipastikan dalam keadaan sehat

Operasi perbaikan celah langit

Setelah operasi perbaikan bibir dilakukan, cara mengatasi bibir sumbing pada bayi selanjutnya akan dilakukan operasi perbaikan celah pada langit-langit mulut. Operasi ini dapat dilakukan ketika bayi sudah berusia 5 bulan hingga berusia 15 bulan. Atap mulut yang terbuka akan kembali ditutup oleh dokter dengan membuat sayatan di kedua sisi bibir.

Operasi tambahan

Salah satu operasi tambahan yang dapat dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya yang mengalami bibir sumbing adalah operasi perbaikan penampilan kecantikan. Jenis operasi ini dirasa diperlukan untuk lebih memperbaiki penampilan mulut, bibir, dan hidung. Dengan melakukan operasi ini, kepercayaan diri anak akan meningkat. Ia akan merasa tidak ada yang berbeda antara dirinya dengan teman-temannya.

Terapi bicara

Cara mengatasi bibir sumbing pada bayi dan anak selanjutnya adalah dengan melakukan terapi bicara. Anak dengan kondisi bibir biasanya akan mengalami permasalahan dalam bicara. Hal ini terjadi ketika anak sudah mulai belajar bicara namun kondisi bibir anak belumlah sempurna sebagai akibat dari tindakan operasi yang dilakukan. Kondisi ini sebagai akibat dari adanya celah pada bibir dan langit-langit mulut

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*