Aktivitas Yang Akan Kita Lakukan Memiliki Dampak Penting Untuk Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung
(Sumber:www.saranginfo.com) Aktivitas Yang Akan Kita Lakukan Memiliki Dampak Penting Untuk Kesehatan Jantung

Apa yang kita butuhkan setiap hari, tidak tau itu soal apa yang akan kita makan, apa yang akan kita minum, hingga aktivitas apa yang akan kita lakukan, memiliki dampak penting untuk kesehatan jantung. Karena semua keputusan itu ada di tangan kita, maka berilah hadiah untuk diri Anda sendiri berupa perubahan gaya hidup yang memberikan dampak positif bagi kesehatan, terutama pada jantung kita.

Apa yang bisa kita lakukan? Berikut beberapa tips gaya hidup yang bisa kita terapkan untuk kesehatan jantung Anda.

1. Tetap Aktif

Kunci jantung sehat adalah dengan tetap bergerak dan menghindari berdiam diri seperti duduk terus menerus. Idealnya, untuk mendapatkan detak jantung yang sehat dan juga kita bisa latihan aerobik 30 menit selama 5 hari dalam satu pekan. Kendati demikian, setiap gerakan akan bagus untuk jantung Anda, jadi tetaplah bergerak.

2. Batasi Konsumsi Daging Merah, Gula Dan Lemak Tidak Sehat

Banyak makanan yang bisa Anda makan sebagai ganti makanan yang menyebabkan obesitas, naiknya tekanan darah, atau meningkatnya risiko penyumbatan pembuluh karena kolesterol. Anda bisa menambahkan sayuran dan buah-buahan ke dalam menu untuk menaikkan konsumsi serat.

Dampak Penting Untuk Kesehatan Jantung

3. Kurangi Asupan Garam

Tidak dapat membayangkan makanan kesukaan Anda tanpa tambahan garam di dalamnya? Seiring berjalannya waktu, Anda dapat melatih selera dengan menyesuaikan makanan rendah sodium, sehingga risiko tekanan darah tinggi yang memicu serangan jantung juga berkurang.

4. Berhenti Merokok

Merokok bukan hanya merusak paru-paru, tapi juga berdampak negatif pada kesehatan jantung Anda. Sekali Anda berhenti merokok, peluang terkena penyakit jantung akan menurun secara drastis. Memutuskan kebiasaan merokok memiliki dampak positif bagi kesehatan Anda secara menyeluruh.

5. Jaga Berat Badan

Tanyakan dokter, apakah Anda kelebihan berat badan. Obesitas sejatinya meningkatkan resiko serangan jantung, gagal jantung dan diabetes. Menu sehat dengan porsi yang diperhatikan serta olahraga rutin adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan Anda.

6. Ketahui Tingkat Kolesterol Anda

Kolesterol tinggi salah satu faktor utama terkena serangan jantung. Jika Anda belum memeriksa tingkat kolesterol selama dua tahun, mulai sekarang periksa untuk mengetahui apakah Anda beresiko terkena penyakit jantung.

7. Ukur Tekanan Darah Anda

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah faktor resiko utama serangan jantung, stroke dan gagal jantung. Banyak orang dengan tekanan darah tinggi tidak memperhatikan bahwa mereka memiliki kondisi tersebut. Banyak perawatan efektif yang bisa dilakukan seperti mengubah gaya hidup dan mengurangi konsumsi garam.

8. Ketahui Tingkat Gula Anda

Peningkatan gula darah yang mengarah pada diabetes merupakan faktor kuat serangan jantung. Tanya pada dokter, apakah Anda beresiko. Jika Anda prediabetes, maka kondisi di mana kadar gula darah Anda lebih tinggi dari biasanya atau memiliki tanda-tanda diabetes, mengubah gaya hidup adalah langkah yang penting.

9. Kurangi Stres

Stres merupakan salah satu resiko kuat serangan jantung, terutama bagi perempuan. Cobalah untuk meditasi, yoga atau berdiam diri selama 10 menit setiap hari. Berhati-hatilah dengan stres dalam hidup Anda dan berikan perhatian lebih pada jantung Anda.

10. Periksa ke Dokter Secara Reguler

Pemeriksaan kesehatan secara reguler adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit kardiovaskular atau jantung. Studi menunjukkan orang yang menghentikan pengobatan jantung memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung, stroke, gagal jantung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*