SPESIES FAUNA YANG SANGAT EKSOTIS ASLI DI INDONESIA

SPESIES FAUNA YANG SANGAT EKSOTIS ASLI DI INDONESIA

SPESIES FAUNA YANG DI MILIKI DI INDONESIA SANGAT INDAH DAN UNIK

Negara kesatuan republik indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di daerah beriklim tropis. Di negara yang memiliki beribu pulau ini memiliki berbagai macam spesies flora dan spesies fauna yang sangat indah dan unik. Dengan banyaknya flora dan fauna di negara ini, maka banyak para ilmuwan mancanegara yang melakukan penelitian tentang makhluk hidup di tempat ini. Selain itu. Daerah yang berada di kawasan asia tenggara ini juga memiliki fauna eksotis asli indonesia yang sangat menarik. Jenis fauna eksotis asli negara indonesia ini memiliki keunikan dan keindahan sendiri, sehingga sangat berbeda dari negara lainnya.

Macam fauna menarik di indonesia

Selain terkenal sebagai negara maritim dan agraris, negara kesatuan republik indonesia ini juga popular dengan berbagai macam jenis faunanya yang sangat lengkap. Fauna asal indonesia ini memiliki ciri khas yang membedakan dari negara lain. Dengan keunikan fauna yang ada, maka banyak ilmuwan dari dalam dan luar negeri yang menyempatkan diri untuk meneliti hewan asli indonesia tersebut. Berikut beberapa jenis fauna yang sangat eksotis asli dari negara republik indonesia.

Komodo
Komodo merupakan salah satu fauna eksotis asli indonesia yang menarik. Jenis hewan yang satu ini tergolong dalam jenis hewan mamalia. Fauna yang satu ini merupakan salah satu jenis kadal terbesar di dunia yang panjang sekitar 2 sampai 3 meter. Saat ini fauna eksotis asli indonesia ini hanya dapat dijumpai di pulau komodo.

Burung Merak
Hewan eksotis indonesia yang berikutnya adalah burung merak. Fauna yang satu ini memiliki warna dan motif bulu yang sangat indah. Dengan keindahan bulu hewan tersebut, maka banyak orang yang menyukai hewan tersebut. Akan tetapi saat ini populasi merak ini semakin menurun seiring banyaknya pemburu yang menangkap hewan yang cantik ini.

Cendrawasih
Cendrawasih merupakan salah satu spesies fauna eksotis asli indonesia. Burung yang satu ini memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm dan memiliki warna bulu yang sangat indah. Hewan ini habitat aslinya ada di hutan-hutan daerah papua.

Badak
Jenis hewan unik dan menarik asli dari negara indonesia berikutnya adalah badak. Badak termasuk hewan yang tergolong langka. Hewan ini memiliki badan yang besar dan terdapat cula di kepalanya. Banyak orang yang memburu badak ini untuk diambil culanya. Cula badak digunakan untuk proses pengobatan.

Orang Utan
Fauna eksotis asal negara republik indonesia yang tergolong langka yaitu orang utan. Orang utan sendiri termasuk dalam spesies kera. Hewan yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang besar. Jenis orang utan utan yang hidup di indonesia hanya terdapat di pulau sumatra dan pulau kalimantan.

Harimau
Hewan asli dari indonesia berikutnya adalah harimau. Hewan ini termasuk dalam golongan karnivora atau sering disebut hewan pemakan daging. Populasi harimau di indonesia setiap tahunnya mengalami penurunnya. Hal ini dapat terjadi karena maraknya perburuan liar. Selain perburuan liar, hewan buas yang satu ini semakin langka juga karena hutan sebagai habitat aslinya di pulau sumatra banyak ditebangi secara liar.

Tapir
Jenis fauna eksotis asli indonesia berikutnya adalah tapir. Bentuk hewan tapir ini hampir sama dengan babi, bedanya hewan tapir memiliki moncong seperti belalai. Tapir ini memiliki warna tubuh berupa hitam dan berwarna putih di bagian punggung. Warna tubuh tapir tersebut berfungsi untuk menyamar diri. Saat tapir terbaring, maka hewan ini hanya terlihat bagaikan batu yang besar saja. Dengan demikian, maka hewan ini akan terhindar dari musuhnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*