SARANG INFO

Informasi Berita Terupdate Hari Ini

KULINER YANG SANGAT POPULER DI PAPUA

KULINER YANG SANGAT POPULER DI PAPUA YANG SIAP MENGGOYAKAN LIDAH

Tidak di ragukan lagi keindahan wisata papua yang memang eksotis dan di samping itu indonesia menyajikan keindahan wisata alamnya, papua juga menawarkan tempat wisata kuliner yang sangat populer di papua yang siap menggoyangkan lidah anda dengan kenikmatan makanan lokal. Apabila anda berkesempatan untuk mendatangi kota-kota yang berada di papua, jangan sampai melewatkan kuliner yang sangat populer di papua, yang di miliki oleh masing-masing kota. Pada artikel kami akan membahas beberapa tempat yang memiliki hidangan khas dari papua. Berikut ini ada bebebapa tempat yang memiliki ciri khas makanan dari papua yaitu :

1. Ikan Bakar Manokwari

Manokwari adalah salah satu nama daerah yang berbeda di papua. Manakwari mempunyai tempat  yang kekhasannya terletak pada bumbu-bumbu yang di gunakan. Makanan khas Manokwari , papua itu adalah ikan bakar Manokwari ini mempunyai cita rasa bumbu yang berbeda, karena menggunakan sambal khas yang hanya bisa di temui di papua. Ikan Bakar Manokwari ini sangat berbeda dengan ikan bakar yang biasa tersajikan di warung-warung atau rumah-rumah makan di daerah-daerah lain. Ikan yang biasa di pilih untuk di bakar adalah ikan tongkol, meskipun jenis ikan lan juga tidak masalah untuk di gunakan. Ciri yang paling khas dari masakkan Ikan Bakar Manokwari terletak pada bumbu yang di siram pada ikan bakar tersebut yaitu berupa sambal yang di giling kasar dan di sajikan mentah, yang terkenal dengan rasa pedasnya yang unik.

2. Sate Ulat Sagu Wisata Kuliner Yang Ekstrim Khas Dari Papua

Papua terkenal dengan memiliki segudang keunikan yang selalu membuat anda kagum akan keunikan yang ada. di mulai dari keanekaragaman budaya, adat istiadat, cara berburu dan tentu beberapa tempat yang di jadikan wisata kuliner ekstrim dari bumi Cendrawasi ini adalah Sate Ulat Sagu atau masyarakat setempat biasa menyebutnya “Koo”. Untuk mencari ulat sagu ini di jayapura anda tidak perlu repot mencari kehutan dan mencari di pohon sagu yang tumbang, karena biasanya di pasar tradisional seperti Pasar Youtea Abepura jayapura, ada saja warga yang membawa ulat sagu hasil tangkapannya ke pasar. bagi sebagian orang, ulat sagu ini mungkin menjijikan, tapi di kalangan warga pribumi papua ini adalah hewan yang sudah lumrah yang di konsumsi.

3. Martabak Sagu

Ada baanyak macam yang bentuk dan rasa dari martabak, tergantung bahan-bahan yang di gunakan untuk membuatnya. Di indonesia, ada cukup banyak jenis martabak dengan keunikan tersendiri sesuai daerahnya. Martabak yang satu ini berasal dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat namanya Martabak Sagu yang sangat di gemari dan di sukai masyarakat sekitar, karena rasanya yang manis dan sangat gurih. Martabak yang  di olah dari bahan sagu yang sudah di haluskan, kemudian di goreng dan diberi gula merah. Tempat Wisata Kuliner di Kabupaten Fakfak ini sangat berbeda dengan martabak yang biasa anda temui di daerah lain seperti martabak manis dan martabak telur. hal yang paling membedakan adalah bahan pokonya, yaitu sagu. Rasa makanan khas ini cukup enak dan manis juga tidak kalah dengan martabak jenis martabak yang sudah umum anda makan seperti martabak manis.

4. Aunu Senebre

Makanan khas papua yang ini cukuop menarik perhatian. Bagaimana tidak, kuliner ini tepilih menjadi salah satu nominator Anugerah Pesona Indonesia ( API ) 2017 dalam kategori makanan tradisional terpopuler. Makanan yang mudah di temukan di papua yang mempunyai tampilan yang begitu tradisional sehingga siapa pun yang menyantap akan merasakan sensasi istimewa, karena makanan satu ini memang hanya terdapat di papua. Makanan ini adalah olahan dari ikan teri nasi yang di goreng, kemudian dicampur dengan daun talas dan kepala dan proses terakhirnya di kukus. Banyak tekstur yang kering, akan tetapi pada kenyataan makanan kuliner yang sangat populer di papua yang satu ini mempunyai tekstur yang tidak terlalu kering.

5. Udang Selingkuh

Apakah Anda sudah pernah mendengar Udang Selingkuh? Bagi orang papua terlebih yang berada di Wamena pasti tidak asing lagi dengan makanan Udang Selingkuh. Salah satu dari tempat wisata kuliner ini yang kenikmatannya ini sangat populer di Wamena. Udang yang di tangkap di sungai Baliem ini memiliki cita rasa yang sangat luar biasa dan menjadi salah satu menu wajib yang layak di coba bila ke Wamena. Mengapa di namakan Udang Selingkuh? Nama yang unik ini di kaitkan dengan keberadaan capit besar yang terdapat pada udang tersebut. Tekstur tubuhnya persis sebagaimana udang pada umumnya. Bedanya udang jenis ini memiliki capit seperti capit kepiting. Bila di lihat dari arah belakang, ia memang mirip udang, apalagi setelah kelihatan kepalanya. Namun bila di lihat dari arah depan, biota air tawar yang bungkuk ini seperti kepiting, karena mempunyai kaki depan besar layaknya kepiting.

SARANG INFO © 2018 Frontier Theme