SARANG INFO

Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Kulit Semangka Memiliki Kandungan Dan Manfaat Untuk Kesehatan Kulit

Mayoritas masyarakat hanya mengkonsumsi bagian daging buah berwarna merah atau kuning semangka, sedangkan kulit semangka hanya dibuang sebagai limbah tanpa ada pemafaatan lebih lanjut. padahal kulit buah semangka memiliki kandungan gizi yang tinggi sama seperti pada daging buahnya.

Kulit semangka mengandung likopen yang beguna untuk perawatan kulit yang berjerawat. Likopen merupakan sejenis antioksidan yang juga terdapat pada jeruk yang mampu memberikan perawatan terhadap sel kulit sehingga kulit tampak bersih alami.

Selain likopen, Kulit semangka juga mengandung citrulline. Kandungan ini berfungsi sebagai anti oksidan kuat yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain itu, citrulline juga bisa di ubah oleh tubuh menjadi arginin yaitu asam amino yang mempunyai peranan penting dalam peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh. Karena adanya kandungan ini jugalah yang membuat kulit semangka mampu menjadi agen dalam menjaga kesehatan jantung dan impotensi. Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the Science of Food and Agriculture tahun 2011.

Kulit buah semangka yang berwarna putih dan kehijau-hijauan ini mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam 2.5 x 2.5 kulit semangka saja mengandung 1.8 kalori yang berguna untuk tubuh. Selain itu mengandung 2% vitamin C dan 1% vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Manfaat lain dari kulit semangka sangat baik untuk kesehatan meliputi :

Mengatasi Disfungsi Ereksi

Para peneliti dari Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center telah mencatat bahwa citrulline membantu pembuluh darah rileks dan bahkan dapat membantu penyembuhan disfungsi ereksi. Bahkan, kemampuannya untuk meningkatkan aliran darah menyebabkan citrulline semangka untuk disebut sebagai obat alami yang dapat meningkatkan libido.

Sebagai Obat Jerawat

Jerawatan yang timbul pada wajah bisa dibersihkan dengan kulit semangka. Caranya yaitu dengan mengolesi kulit semangka bagian dalam pada wajah secara merata. Selain bisa membersihkan wajah juga bisa membantu menghilangkan jerawatan.

Mencegah Penyakit Kardiovaskuler/Jantung

Kulit semangka juga bagus untuk memperlancar peredaran darah karena adanya kandungan kalium dalam kulit semangka yang cukup tinggi. Kandungan kalium yang mampu memperlancar aliran darah ini juga menjaga kerja jantung sehingga kita bisa terhindar dari penyakit kardiovascular (penyakit jantung).

Mencegah Penuaan Dini

Selain utnuk mengatasi jerawat, kandungan likopen pada kulit semngka juga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merangsang percepatan penuaan kulit.

Mengeluarkan Racun dalam Ginjal

Ginjal adalah salahsatu organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga. karena jika ginjal mengalami masalah maka tubuh akan kesulitan untuk menyaring darah dan mengeluarkan zat racun. kulit buah semangka ini mengandung asam amino sutrulin dan arginin, yaitu senyawa yang mampu memperlancar pembentukan urine sehingga racun dan kotoran yang mengendap dalam ginjal bisa dikeluarkan seluruhnya.

Tidak hanya berkhasiat, Kulit semangka ternyata juga enak untuk dikonsumsi. Meskipun tak selezat buahnya, kulit buah yang berwarna putih ini memiliki rasa yang segar hampir menyerupai rasa mentimun. namun anda juga harus berhati-hati jika ingin mengonsumsi kulit buah semangka, karena dalam proses penanaman kita tidak tahu jika petani menggunakan pestisida untuk memaksimalkan hasil panennya. untuk itu, ambilah bagian kulit yang berwarna putih dan terlihat berair saja. Buang kulit yang mendekati kulit luar atau yang terasa keras ketika dipegang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SARANG INFO © 2018 Frontier Theme