SARANG INFO

Informasi Berita Terupdate Hari Ini

MAKANAN KHAS DARI KOTA LAMPUNG YANG LEZAT

MAKANAN KHAS DARI KOTA LAMPUNG AKAN MENGGOYAKAN LIDAH ANDA

“Kuppul Mak Kuppul Si Petting Mengan” mungkin itu lah yang bisa menggambarkan sedikit tentang masyarakat Lampung, yang merupakan suatu masyarakat yang suka dengan berkumpul satu sama lain untuk saling silaturahmi, baik dengann keluarganya sendiri atau dengan tetangganya. Oleh karena itu secara kekeluargaan masyarakat lampung sangat erat satu sama lain. Dari acara bekumpul tersebut biasanya masyarakat lampung di hidangkan makanan khas dari kota Lampung, untuk yang selalu menemani pada saat acara berkumpulnya adalah Seruit. Makanan ini menjadi makanan khas lampung yang sangat terkenal dan menjadi makanan yang selalu di hidangkan pada saat acara berkumpulnya.

Kuliner, Lampung mempunyai beragam kuliner yang harus anda coba, mau tahu apa saja kuliner yang ada di lampung. Berikut ini ada 4 makanan kuliner khas dari kota lampung :

1. Tempoyak 

Jika anda suka sekali dengan makanan yang terbuat dari durian, anda bisa mencoba masakan khas Lampung ini. Tempoyak merupakan masakan yang memiliki bahan dasar buah durian yang telah difermentasi. Sejauh ini, Tempoyak sudah dikenal di berbagai wilayah baik di Indonesia maupun di negeri tentangga seperti Malaysia. Masakan khas Lampung ini bisa anda buat sendiri di rumah tanpa harus membeli. Untuk pembuatanya, anda bisa menyiapkan daging durian yang tidak banyak mengandung air. Durian yang dipilih diusahakan dari durian yang memiliki kualitas super dan benar-benar sudah matang agar kualitas rasa dari Tempoyak lebih nikmat. Setelah itu, anda harus memisahkan daging durian dengan bijinya dan diberikan sedikit garam. Kemudian tambahkan cabe rawit secukupnya, hal ini untuk mempercepat fermentasi dan simpanlah di tempat yang tertutup rapat dan mempunyai suhu udara yang dingin, jika perlu masukan kedalam kulkas.

MAKANAN DARI LAMPUNG WAJIB DI COBA

Setelah 2 hingga 5 hari, anda bisa mengolahnya dengan ikan seperti Teri, Mujair, ikan mas dan ikan lainya. Jika dibuat sambal, anda harus mencampurkan bawang putih dan merah, cabe halus atau yang telah dipotong-potong kecil, tambahkan sedikit gula untuk pengganti sedikit gula. Kemudian goreng sekitar 3 menit, setelah dirasa cukup, sambal Tempoyak siap dihidangkan dengan makanan lainya.

2. Gulai Taboh

makanan khas dari kota Lampung lainya yang tidak kalang ialah Gulai Taboh. Makanan ini mempunyai cita rasa yang cukup unik dan terbuat dari kacang-kacangan serta umbi-umbian. Anda akan menikmati masakan dengan rasa santan yang diolah dengan campuran kacang hijau dan tanah, dan jenis kacang lainya, kentang dan rebung pada masakan Lampung ini. Selain itu, terdapat bahan yang akan membuatmu berasa berbeda dilidah karena terdapat juga campuran seperti daun sirih atau bahkan terasi. Perpaduan rasa manis pada ubi-ubian seperti labu dengan paduan rasa khas terasi akan menambah rasa yang beragam pada lidah kita. makanan khas dari kota Lampung ini patut anda coba jika berada di Lampung.

3. Gabing

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah anda jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Pembuatan gabing sendiri cukup simple namun cukup khas sesuai dengan masakan Lampung. Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat. Gabing merupakan masakan berkuah, walau terkadang ada juga beberapa orang yang tidak memberikan kuat pada masakan tersebut. Untuk menambah cita rasa pada makanan Gabing, anda bisa mencampurnya dengan daging segar, jamur, dan olahan-olahan lainya yang akan memperkaya masakan.

INDONESIA KAYA AKAN MAKANAN KHAS DARI BERBAGAI KOTA-KOTA YANG ADA DI INDONESIA

4. Seruit

ini dia makanan pamungkas seperti doping bila anda mencoba pasti mau lagi dan lagi bernama seruit.seriut merupakan makanan khas dari kota Lampung yang dihidangkan pada saat acara berkumpul baik keluarga besar atau pada acara-acara lainya seperti pernikahan, adat hingga keagamaan. Bagi masyarakat Pepadun, seruit dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari, karena kebiasaan makan seruit pada hari atau waktu tertentu tidak dimiliki oleh semua masyarakat adat, hal itu karena dilakukan secara turun temurun saja bagi sebagian masyarakat. Seruit sendiri merupakan makana yang terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambar terasi khas Lampung, tempoyak atau beberapa ada yang memberi mangga. Jenis ikan yang digunakan seruit beragam, hanya saja yang digunakan adalah ikan-ikan dari sungai besar, seperti ikan balide, ikan baung, ikan layis dan berbagai ikan lainya. Untuk menyantap seruit biasnya di tambah dengan lalapan agar lebih nikmat.

Updated: January 8, 2018 — 8:27 pm
SARANG INFO © 2018 Frontier Theme