SARANG INFO

Informasi Berita Terupdate Hari Ini

TREN PARIWISATA ZAMAN NOW YANG MEMUKAU

TREN PARIWISATA YANG SANGAT MEMUKAU DI INDONESIA

Tren Pariwisata merupakan sektor yang sedang berkembang saat ini. Khususnya di Indonesia yang menjadikan pariwisata sebagai sektor utama dalam pembangunannya. Baru 3 tahun sektor pariwisata sudah berkontribusi terhadap devisa yang mengalahkan sektor minyak dan gas bumi.

Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, banyaknya penghargaan yang diraih, pengembangan destinasi prioritas, dan kenaikan daya saing pariwisata, terbukti bahwa pariwisata di Indonesia sedang berkembang pesat. Dengan berkembangnya Pariwisata, maka muncullah istilah-istilah atau tren-tren Pariwisata. Istilah atau tren Pariwisata ini ada berdasarkan teori-teori pariwisata yang sudah ada maupun teori yang dikembangkan.Beberapa istilah atau trend Pariwisata saat ini:

1. Mass Tourism

Mass Tourism adalah kegiatan pariwisata dengan jumlah banyak atau bisa dikatakan juga rombongan. Biasanya kegiatan wisata ini dilakukan oleh grup, komunitas, sekolah-sekolah atau institusi yg ingin melakukan kegiatan wisata atau berlibur bersama-sama.
Pariwisata massal ini berkembang setelah berkembangnya teknologi sehingga memudahkan orang-orang untuk berwisata bersama.

2. Ecotourism

Ekowisata atau bisa juga disebut wisata ekologi adalah kegiatan wisata yang mengedepankan aspek ekologi dari setiap aktivitasnya.

Dalam wisata ini ada beberapa prinsip yang harus diterapkan dalam setiap kegiatannya, kegiatan ekowisata ini harus memiliki dampak yang positif dan meminimalisir dampak negatif yang ada. Ada pun beberapa prinsip yang harus diterapkan yaitu harus berdampak positif terhadap aspek lingkungan, sosial budaya dan ekonomi masyarakat sekitar.

Untuk menerapkannya biasanya dalam kegiatan ekowisata ada peraturan yang dibuat sehingga wisatawan dan juga pelaku wisata harus mematuhinya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitarnya, ada juga kegiatan konservasi lingkungan, tidak merusak tatanan sosial budaya masyarakat dan juga memberi kesejahteraan dari segi ekonomi untuk masyarakat sekitar.
Biasanya kegiatan ekowisata ini dilakukan di alam atau lingkungan terbuka namun beberapa juga dilakukan di desa wisata.

3. Geotourism

Geowisata atau bisa juga disebut wisata geologi adalah kegiatan pariwisata yang berbasis geologi. Kegiatan geowisata ini biasanya dilakukan dengan mengunjungi objek atau situs geologi seperti gunung, gowa, dsb. Dalam kegiatan geowisata ini juga wisatawan mendapatkan pengetahuan tentang situs geologi karena dalam kegiatan ini juga terdapat unsur edukasi dengan interpretasi objek-objek dari sisi keilmuan geologi.

4. Adventure Tourism

Adventure Tourism atau Wisata Petualangan merupakan salah satu kegiatan wisata minat khusus dengan aktivitas yang bersifat petualangan. Biasanya aktivitas wisata ini dilakukan di alam atau di suatu tempat yang sudah dirancang untuk wisatawan dengan kegiatan-kegiatan yang menantang seperti tracking di pegunungan, arung jeram di sungai dan berbagai kegiatan petualangan lainnya.

WISATA YANG MEMUKAU PATUT DI JELAJAHI

5. Natural Tourism

Wisata Alam ini adalah kegiatan wisata yang biasa dilakukan di Destinasi wisata alam seperti di dataran tinggi, pantai dan tempat-tempat yang indah pemandangan alamnya. Atraksi dari wisata alam ini adalah dengan menikmati keindahan alam yang terdapat di destinasi tersebut. Kegiatan khusus di wisata alam ini biasa dilakukan dengan kegiatan wisata lainnya seperti petualangan, ekowisata, geowisata dan jenis wisata lainnya.

6. Cultural Tourism

Cultural Tourism atau wisata budaya adalah kegiatan wisata yang berbasis budaya. Atraksi utama dalam kegiatan wisata ini adalah budaya lokal yang terdapat di suatu tempat tersebut. Tidak hanya menonton dan menikmati atraksi budaya tetapi juga beberapa kegiatan wisata budaya menjadikan wisatawan sebagai subjek atau pelaku dari kebudayaan tersebut.

Kegiatan wisata budaya ini seperti tari-tarian tradisional, musik tradisional, pembuatan cinderamata, hingga kegiatan masyarakat lokal yang menjadi atraksi bagi wisatawan. Tujuan dari kegiatan wisata budaya ini tidak lain adalah untuk memperkenalkan budaya lokal kepada wisatawan dan juga untuk melestarikan kebudayaan di daerah tersebut, hal ini juga sebagai kebanggaan bagi masyarakat lokal bisa menunjukan budaya mereka kepada wisatawan.

7. Marine Tourism

Marine Tourism atau wisata bahari ini merupakan salah satu bagian dari wisata alam yang kegiatannya dikhususkan di destinasi wisata bahari. Kegiatan wisata bahari seperti diving, snorkeling, dan kegiatan wisata lainnya yang dilakukan di daerah laut dan sekitarnya.

Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki banyak potensi wisata bahari merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang tertarik dengan kegiatan wisata bahari ini. Dengan adanya kegiatan wisata ini diharapkan para pelaku wisatawan dapat melestarikan biota bawah laut sehingga destinasi wisata bahari di Indonesia dapat terjaga serta wisatawan dapat menikmati indahnya kehidupan di laut dan sekitarnya.

8. Edutourism

Edutourism atau wisata edukasi adalah kegiatan wisata yang mengandung unsur edukasi atau pendidikan. Edutourism ini memadukan konsep pariwisata dengan pendidikan. Sebenarnya sebagian kegiatan wisata yang lain pun memiliki unsur edukasi didalamnya. Namun, isitilah edutourism ini lebih spesifik bertujuan untuk pendidikan.

Kegiatan wisata ini biasa dipadukan dengan kegiatan wisata lain. Contoh dari kegiatan wisata edukasi ini seperti outbond, fieldtrip atau studi banding antar lembaga pendidikan juga merupakan salah satu kegiatan wisata edukasi.

9. Senior Tourism

Senior tourism adalah salah satu tren pariwisata yang kegiatan ini dikhususkan untuk orang lanjut usia yang ingin melakukan kegiatan wisata. Kegiatan wisata ini biasanya dilakukan oleh beberapa kelompok orang tua atau yang lanjut usia dan kegiatannya pun apa saja.

Istilah ini memang lebih dikhususkan untuk pelaku wisatawannya. Tujuan dari kegiatan wisata ini tidak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang sudah lanjut usia, disamping itu ada juga beberapa tujuan seperti untuk kesehatan para wisatawan. Tren wisata ini sudah berkembang di beberapa negara eropa, di Indonesia istilah ini baru-baru saja muncul dan mungkin sebagian besar baru mendengar istilah ini.

WISATA-WISATA YANG SANGAT MEMUKAU DI TAHUN 2018

10. Halal tourism

Halal tourism atau wisata halal adalah kegiatan wisata yang merujuk pada nilai-nilai islam. Kegiatan wisata ini dikhususkan untuk wisatawan muslim tetapi bukan berarti wisatawan non muslim tidak bisa melakukan kegiatan wisata ini.

Wisata halal ini memang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan muslim seperti tinggal di akomodasi yang menyediakan kebutuhan untuk beribadah, destinasi wisata yang menyediakan fasilitas ibadah, tempat makan yang bersertifikasi halal dan kegiatan-kegiatan wisata lain yang tidak bertentangan dengan ajaran agama islam.

Munculnya tren wisata ini dikarenakan pasar wisatawan muslim yang sangat besar dan kebutuhan serta gaya hidup wisatawan muslim yang perlu dipenuhi untuk kegiatan pariwisata. Di Indonesia, wisata halal ini baru dikembangkan dan destinasi halal di indonesia yang sudah ditetapkan oleh kementrian pariwisata ada 10 destinasi. Disamping itu, Indonesia pun sudah mendapatkan penghargaan sebagai destinasi wisata halal terbaik di ajang Internasional pada tahun 2015 dan 2016.

11. Dark Tourism

Dark tourism atau yang bisa juga disebut black tourism atau grief tourism adalah salah satu kegiatan pariwisata minat khusus. Banyak yang mengartikan bahwa dark tourism ini adalah wisata hantu, wisata horor atau wisata yang berkaitan dengan hal-hal gaib. Namun sebenarnya definisi dari dark tourism adalah kegiatan pariwisata yang mengunjungi objek-objek wisata sejarah yang berkaitan dengan kematian dan tragedy di objek tersebut pada masa lampau.

Agar lebih menarik dan menantang kegiatan wisata ini biasa dibumbui dengan hal-hal mistis. Contoh dari kegiatan wisata ini adalah seperti mengunjungi lokasi-lokasi bekas perang, penjajahan, ataupun lokasi yang pernah menjadi tempat pembunuhan atau pembantaian pada masa lampau.

Di eropa, contoh lokasi yang menjadi objek kegiatan wisata ini adalah colosseum Roma yang digunakan tempat gladiator pada zaman dulu. Di Indonesia kegiatan dark tourism ini biasanya dengan mengunjungi lokasi-lokasi yang angker, dan konon katanya dihuni oleh makhluk-makhluk goib. Kegiatan seperti ini sebenarnya tidak sesuai dengan definisinya namun untuk menarik wisatawan kegiatan seperti ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi yang ingin menguji nyali.

12. Sport Tourism

Sport Tourism atau wisata olahraga ini adalah kegiatan pariwisata dengan daya tarik utamanya olahraga. Pada intinya kegiatan pariwisata adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dapat menarik banyak wisatawan untuk datang. Kegiatan olahraga yang bisa disebut sebagai kegiatan pariwisata adalah kegiatan yang berbentuk acara besar atau event, karena event adalah salah satu cara untuk menarik wisatawan di suatu destinasi.

Acara lari, jalan kaki, lomba-lomba keolahragaan adalah contoh dari kegiatan pariwisata olahraga yang mana acara ini dapat menarik wisatawan untuk datang dengan tujuan meningkatkan jumlah kunjungan. Adapun acara yang berskala internasional tidak lain untuk meningkatkan jumlah devisa di suatu negara dari kegiatan ini.

Inilah beberapa istilah atau tren pariwisata yang sedang berkembang saat ini. Adanya istilah atau tren yang muncul dari kegiatan pariwisata ini adalah karena berkembangnya teori pariwisata dan juga tidak lain karena kebutuhan pasar di sektor pariwisata. Karena sejatinya pariwisata selalu berkaitan dengan pelayanan, maka pariwisata juga berkembang sesuai kebutuhan wisatawan untuk memberi pelayanan terbaik.

Tidak semua istilah atau tren pariwisata yang disebutkan diatas itu diketahui oleh semua orang, mungkin ada yang hanya tau pariwisata secara umum dan tidak memperdulikan istilah-istilah tersebut. Atau mungkin ada juga beberapa istilah atau tren pariwisata yang belum disebutkan diatas dan bisa ditambahkan bagi yang mengetahui.

Updated: January 29, 2018 — 9:05 pm
SARANG INFO © 2018 Frontier Theme