SARANG INFO

Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Penyebab Motor Mogok Kena Hujan Dan Solusinya

Kendala yang tak jarang dialami pemilik kendaraan adalah masalah mesin motor yang mogok. Penyebabnya, bisa bermacam-macam salah satunya hal sepele seperti sehabis kita menerjang hujan. Kenapa motor bisa mogok setelah terkena air ?
Pada dasarnya, kendaraan tidak diciptakan untuk menerjang genangan air. Karena ada banyak rangkaian kelistrikan serta akan berbahaya jika air tersebut masuk kedalam saluran intake.Namun, banyak pengguna motor yang nekat menerjang genangan air. Memang, genangan itu tidak terlalu tinggi tapi cipratan air dari ban juga bisa masuk kedalam rangkaian kelistrikan yang sensitif dengan air.
Selain saat menerjang banjir, terkadang masalah ini juga muncul setelah kita mencuci kendaraan .

Hal-Hal Yang Tak Terduga Salah Satunya Menyebabkan Motor Mogok

Cop busi basah

Cop busi itu komponen yang terletak pada ujung atas busi. Cop ini dijadikan sebagai tutup busi dari debu sekaligus tempat menyalurkan listrik tegangan tinggi dari ignition coil.
Apabila anda mencuci kendaraan dengan menyemprotkan air kearea busi, maka ada potensi air masuk kedalam cop busi sehingga mengganggu koneksi antara kabel busi dan terminal busi.

Kendala Yang Tak Jarang Dialami Pemilik Motor Saat Mogok

Socket CDI basah

Ini terjadi khususnya pada motor yang bodynya dipreteli atau tidak ada pelindung bagi rangkaian elektrikal kendaraan . Salah satu rangkaian elektrikal yang cukup penting adalah rangkaian pengapian CDI.
Pada kendaraan , pengapian ini memanfaatkan capasitor untuk melepaskan arus yanh dijadikan arus input ke ignition coil. Jika sokcet Capasitor ini basah atau terkena air, otomatis aliran arus dari dan ke CDI akan terganggu. Ini menyebabkan lemahnya api pada busi sehingga kendaraan susah dihidupkan kalaupun bisa akan brebet.

Knalpot kemasukan air

Konstruksi knalpot pada kendaraan umumnya memiliki ujung mufler lebih tinggi dari leher knalpot. Ini akan mencegah air masuk sebenarnya, tapi jika tanpa sengaja kita menyemprotkan air kebagian belakang motor dan masuk kedalam knalpot akan sulit dikeluarkan.

Karburator kemasukan air

Fungsi karburator adalah sebagai penyalur bensin kedalam ruang bakar dengan perbandingan yang ideal. Lokasi karburator pun terbilang aman sebenarnya karena terhalang oleh cover body kendaraan .

Updated: March 10, 2018 — 5:22 am
SARANG INFO © 2018 Frontier Theme