SARANG INFO

Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Manfaat Air Lemon Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Anda tentu sudah pernah mendengar atau membaca bahwa mengkonsumsi segelas air lemon hangat setiap hari di pagi hari baik bagi kesehatan Anda. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan air putih sangat baik bagi kesehatan Anda dan merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu membuang berbagai racun berbahaya dari dalam tubuh. Lemon juga baik bagi kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi penting seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, serat pektin, protein, dan karbohidrat.

Selain itu, lemon juga mengandung asam sitrat, zat anti bakteri, antivirus, dan peningkat daya tahan tubuh yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Untuk mendapatkan manfaat ini, peraslah setengah butir lemon ke dalam segelas air hangat dan minumlah ini dalam keadaan perut kosong di pagi hari dan tunggulah 30 menit sebelum makan. Selain berbagai manfaat di atas, di bawah ini Anda dapat melihat apa saja manfaat dari mengkonsumsi segelas air lemon hangat bagi kesehatan.

Memperbaiki Pencernaan

Beberapa komponen yang terdapat di dalam lemon dapat menstimulasi hati Anda untuk memproduksi lebih banyak empedu untuk membantu proses pencernaan. Selain itu, lemon juga dapat membantu mengeluarkan berbagai zat racun dan zat lain yang tidak diinginkan dari dalam tubuh. Mengkonsumsi segelas air lemon hangat setiap hari dapat membantu mengatasi gejala gangguan pencernaan seperti heartburn (rasa panas seperti terbakar pada dada), sendawa, dan perut kembung. Lemon juga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit dan diare dengan membantu kerja usus.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, makan mengkonsumsi segelas air lemon hangat yang dipadukan dengan madu dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Hal ini dikarenakan lemon mengandung serat pektin, yang dapat membantu melawan rasa lapar dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kombinasi antara air hangat, madu, dan lemon juga akan menciptakan suatu suasana basa di dalam lambung yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Mencerahkan Kulit

Mengkonsumsi segelas air lemon hangat juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Air lemon hangat dapat membantu membersihkan darah dan memicu pertumbuhan sel-sel darah baru. Selain itu, kandungan vitamin C dan berbagai antioksidan lain di dalam lemon juga dapat membantu mencegah timbulnya kerutan dan bintik hitam pada kulit serta membantu melawan efek radikal bebas. Air dan madu juga mengandung zat anti bakteri dan pemicu kolagen yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air lemon hangat juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung banyak vitamin C, yang berarti air lemon ini juga cukup ampuh melawan flu dan batuk. Selain itu, lemon juga akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, suatu zat yang sangat diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh. Lemon juga mengandung saponin, suatu zat antimikroba yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi.

Mengatasi Bau Mulut

Asam di dalam lemon dan kombinasi antara madu dan air dapat membantu mengatasi bau mulut. Campuran ini dapat membersihkan mulut dan memicu produksi air liud yang akan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Air lemon juga dapat membantu membersihkan lapisan putih pada permukaan lidah Anda, yang biasanya terbentuk saat Anda tidur. Lapisan putih ini mengandung makanan yang sudah membusuk dan bakteri, yang dapat menyebabkan bau mulut.

Menyeimbangkan pH Tubuh

Lemon merupakan salah satu makanan basa terbaik karena mengandung asam sitrat dan asam askorbat yang dapat membantu menyeimbangkan pH. pH tubuh yang terlalu asam dapat memicu terjadinya berbagai proses radang di dalam tubuh. Mengkonsumsi segelas air lemon hangat secara teratur pada perut kosong di pagi hari dapat membantu menyingkirkan keasaman dari dalam tubuh, termasuk asam urat pada persendian.

Meningkatkan Energi

Vitamin B, vitamin C, fosfor, protein, dan karbohidrat yang terdapat di dalam lemon merupakan zat penambah energi alami. Berbagai nutrisi ini dapat menghidrasi dan mengoksigenasi tubuh, yang akan membuat Anda tetap bertenaga dan segar. Selain itu, karena lemon juga mengandung lebih banyak ion negatif, maka lemon dapat memberikan energi instan saat ia masuk ke dalam saluran pencernaan. Bau lemon juga dapat memperbaiki mood dan meningkatkan energi.

Membantu Mengatasi Infeksi Tenggorokan

Zat anti bakteri di dalam lemon dapat membantu melawan berbagai penyebab infeksi tenggorokan, radang tenggorokan, dan radang amandel (tonsillitis). Bahkan, orang yang mengkonsumsi segelas air lemon hangat setiap pagi dapat menurunkan resiko terjadinya infeksi tenggorokan dan mencegah terjadinya gangguan saluran pernapasan seperti asma.

Membantu Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Air lemon dapat membantu membersihkan sistem getah bening dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, tingginya kalium di dalam lemon juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak, mengurangi stress, dan memperbaiki fungsi mental Anda; yang dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap dalam batas normal.

Membantu Membersihkan Saluran Kemih

Air lemon hangat dapat berfungsi sebagai diuretik dan membantu membersihkan saluran kemih serta memicu produksi air kemih. Selain itu, air lemon juga dapat mengubah pH saluran kemih, yang mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Asam sitrat di dalam lemon juga dapat membantu proses detoksifikasi yang penting untuk menjaga saluran kemih tetap terbebas dari infeksi. Bagi wanita yang sering menderita infeksi saluran kemih, ada baiknya bila Anda mengkonsumsi air lemon hangat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SARANG INFO © 2018 Frontier Theme