SARANG INFO

Informasi Berita Terupdate Hari Ini

KANDUNGAN JERUK NIPIS BAGI KESEHATAN DAN MANFAAT

KANDUNGAN JERUK NIPIS MENGANDUNG ZAT DAN NUTRI

Kandungan Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Manfaat – Jeruk nipis yang merupakan salah satu varian jeruk berukuran kecil dan berwarna hijau, yang sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga. Pada umumnya, buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yang sering kali di jadikan sebagai salah satu bumbu penambah rasa asam dalam masakan. Air jeruk nipis juga sering kali di gunakan untuk menetralisir bau amis dalam beberapa bahan makanan. Namun siapa yang mengira, bahwasannya terkandung banyak sekali manfaat luar biasa di dalamnya.

Kandungan jeruk nipis sendiri mengandung berbagai zat dan nutrisi yang tentunnya baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu di antaranya adalah jeruk nipis menangandung nilai micronutrien tinggi di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah vitamin C, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A, Vitamin B, Protein, Serat dan kalori. Selain itu, jeruk nipis juga di perkaya dengan kandungan zat flavonoid di dalamnya yang bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Kandungan lainnya yang dapat di temukan di dalam jeruk nipis adalah asam dan juga mineral.

Inilah Beberapa kandungan yang berkhasiat dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh kita :

JERUK NIPIS YANG DI PERKAYA DENGAN KANDUNGAN ZAT FLAVONOID

1. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Pencernaan

Jeruk nipis memiliki aroma yang membuat mulut menghasilkan air liur dan ini sangatlah membantu pencernaan yang utama. Keasaman yang di milikinya akan memecahkan molekul makro makanan. Sedangkan kandungan flavonoid yang di miliki oleh kandungan jeruk nipis yang mampu merangsangkan sistem pencernaan, merangsang gerakan perastaltik pada lambung serta meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam

2. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diabetes

Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dianggap sebagai buah super untuk diabetes. Pasalnya, serat larut yang di milikinya membuat batuan makanan yang ideal untuk membantu mengataur penyerapan tubuh dari gula ke aliran darah serta mengurangi resiko terjadinya lonjakan gula darajh yang merupakan resiko serius pada diabetes.

3. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Penyakit Jantung

Selain dapat membantu penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darahnya, kandungan serta larut yang di miliki oleh jeruk nipis juga membuat tekanan darah menjadi lebih rendah dan menghilangkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh. Selain itu juga dapat mengurangi peradangan pada pembulu darah, yang merupakan salah satu tindakan pencegahan pada penyakit jantung, serangan jantung dan juga stroke.

4. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Gangguan Pernapasan

Minyak flavonoid yang di ekstrak dari jeruk nipis pada umumnya di gunakan sebagai obat-obatan antikongestif seperti balm, alat penguap serta inhaler karena di dalamnya terkandung kaempferol. Sehingga hanya dengan menghisap aromanya, maka dapat mengatasi rasa sesak dan juga mual.

JERUK NIPIS BISA DI JADIKAN SEBAGAI OBAT HERBAL

5. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Asam Urat Radang Sendi

Kandungan asam sitrat yang di temukan dalam jeruk nipis adalah pelarut dimana asam urat dapat larut, meningkatkan jumlah yang di eliminasi dalam urin. Dan tak hanya itu, jeruk nipis juga bersifat anti-inflamasi, yang dapat di gunakan untuk mengatasi peradangan yang di akibatkan oleh asam urat atau radang sendi (reumatoid arthritis).

6. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Demam

Jika anda mengalami demam ringan atau sedang, anda dapat menjadikan jus jeruk nipis sebagai solusinya. Vitamin C yang di temukan dalam konsentrasi yang tinggi di dalam jeruk nipis mampu menurunkan suhu tubuh.

7. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Gangguan Kemih

Kandungan kalium yang terdapat dalam jeruk nipis, sangat efektif menghilangkan zat beracun serta endapan yang bisa di simpan di ginjal dan kandung kemih. Hal itu di sebabakan jeruk nipis memiliki sifat disinfektan yang dapat membantu proses penyembuhan infeksi pada sistem kemih. Selain dari pada itu, juga dapat membersihkan adanya penyumbatan air seni yang dapat berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

8. Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Anti Kanker

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan zat antikanker di dalamnya. Hal tersebut di karenakan kandungan zat flavonoid yang berperan untuk membunuh serta mencegah adanya keruksakan sel.

Nah, itulah beberapa kandungan dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh. Jika anda kini mulai mengkonsumsinya setiap hari. Selain untuk menjaga kesehatan seperti yang telah di sampaikan sebelumnya, juga sering kali di jadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk, haid tidak lancar, mengurangi vertigo serta menghilangkan panu dan kurap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SARANG INFO © 2018 Frontier Theme