SARANG INFO

Informasi Berita Terupdate Hari Ini

Category: Berita Daerah

Korupsi Paling Gila, Dari Kuburan Sampai Pengadaan Alquran

Tindak pidana korupsi masih merebak di Tanah Air, alih-alih ingin mensejahterakan rakyat kecil, namun penyelenggara negara malah menambah susah rakyat miskin. Tindak korupsi dan suap seolah sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan demi kepentingan pribadi atau memperkaya diri sendiri.

Dari mulai korupsi jutaan hingga triliunan rupiah, dilakukan oleh penyelenggara negara demi kantong pribadi. Bahkan, penyelenggara negara yang korup terus mencari cara dan berpikir agar pemerintah menggelontorkan dana untuk sebuah pengadaan.

Meski terkadang pengadaan yang disarankan penyelenggara negara terbilang aneh, malah terbilang super gila. Tidak tanggung, gelap mata mereka menilap duit rakyat. Tidak pandang itu untuk pengadaan Alquran sampai dengan korupsi kuburan. Ada juga patgulipat beras untuk rakyat miskin.

Berikut korupsi maupun suap yang ‘super gila’ dilakukan baik penyelenggara negara maupun pejabat daerah.

Korupsi Liang Lahat

Korupsi yang dianggap supergila adalah korupsi pengadaan izin lahan kuburan. Di Bogor, pada Tahun 2014, KPK mengungkap adanya korupsi pengurusan izin lahan kuburan. Kasus ini menjerat mantan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Iyus Djuher, pegawai Pemkab Bogor Usep, dan pegawai honorer Pemkab Bogor Listo Welly. Sementara dari pihak swasta, Direktur PT Garindo Perkasa Sentot Susilo dan Direktur Operasional PT Garindo Perkasa Nana Supriatna.

Di Jakarta Selatan pada tahun 2006 Kejaksaan Agung juga mengungkap adanya kasus dugaan korupsi pengadaan tanah kuburan. Mantan Sekretaris Walikota Jaksel Budiman Simarmata dan mantan Lurah Kebayoran Lama Ishak Firdaus turut terjerat dalam kasus ini. Dalam kasus pengadaan lahan kuburan di Jaksel, Kejagung menemukan nilai kerugian negara sekitar Rp 12,96 miliar. Alokasi dana untuk pengadaan makam itu semula adalah Rp 13,50 miliar.

Ditreskrimsus Polda Sumsel juga ikut mengungkap kasus serupa. Yakni kasus korupsi pengadaan lahan kuburan di Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan. Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Johan Anwar dan empat orang lainnya dijerat dalam kasus ini. Pengadaan lahan kuburan di OKU ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2012 sebesar Rp 6,1 miliar.

Duit Kitab Suci pun Ditilap

Alquran, kitab suci umat Islam ini juga sempat dijadikan bahan untuk kepentingan perut para penyelenggara negara. Anggota DPR Zulkarnen Djabar dan anaknya Dendy Prasetya yang terjerat kasus ini. Zulkarnaen dan Dendy divonis masing-masing 15 tahun dan delapan tahun penjara. Keduanya terbukti terlibat dalam kasus korupsi pengadaan Alquran dan laboratorium komputer di Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2011-2012.

Pada Tahun 2017, KPK kembali menetapkan satu orang tersangka dalam kasus ini. Yakni Ketua Angkatan Muda Partai Golkar Fahd El Fouz alias Fahd A Rafiq. Dalam persidangan, Fahd yang divonis empat tahun penjara ini mengungkap seluruh anggota Komisi VII DPR RI turut menerima uang suap dari pengadaan tersebut.

Korupsi Pengadaan Beras Miskin

Korupsi yang super gila lainnya yakni pengadaan beras miskin (Raskin). Alih-alih ingin mensejahterakan rakyat kecil nan miskin, raskin malah dikorup oleh pejabat dan penyelenggara negara. Pada 2006, Badan Urusan Logistik (Bulog) sempat menyalurkan raskin sebanyak 54 ton ke Kecamatan Pamarayan, Serang, Banten. Namun pengadaan tersebut dikorup dan diungkap oleh Kejaksaan Negeri Serang.

Pengadaan raskin di Serang dikorup oleh kepala desa di Serang. Yakni Kepala Desa Kampung Baru berinisial AP, Kepala Desa Pasir Limus berinisial SKJ, dan Kades Binong berinisial PRK. Selain di Serang, di Garut, Jawa Barat juga terungkap korupsi pengadaan raskin. Kapolres Garut AKBP Umar Surya Fana yang mengungkapnya di tahun 2014. Modusnya tak jauh berbeda dengan yang di Serang, pihak Kepala Desa setempat yang melakukan penyimpangan. Para Kades menjual beras tersebut kepada warga yang tidak miskin dengan harga pasar.

Teranyar pada tahun 2016. Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan menggeledah kantor Bulog Lamajakka 1, Kecamatan Mattirobuku, Kabupaten Pinrang pada Selasa 11 Oktober 2016. Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selayan menduga ada korupsi dari pengadaan 800 ton raskin untuk warga miskin. Dalam korupsi pengadaan raskin ini, diduga merugikan negara hingga Rp 5 miliar.

Kejaksaan Negeri Madura, Jawa Timur juga mengungkap korupsi pengadaan raskin. Sebanyak 1.504 ton di Gudang Bulog Pamekasan, Madura dikorupsi. Kejadian ini terjadi pada 2016 juga. Mereka yang terjerat adalah Kasi Pelayanan Publik (PP) Bulog Sub divre XII Madura, Hardiyanto dan koordinator kualitas PT PAN Asia sekaligus penentu kualitas beras di Bulog Sub divre XII Madura, Suharso.

Suap Pungli 34 Puskesmas di Jombang

KPK berhasil mengungkap adanya dugaan suap pungli terhadap 35 Puskesmas di Jombang yang dilakukan oleh Plt Kadis Kesehatan Jombang Inna Silestyawati. Dari pungli tersebut, Inna memberikan suap kepada Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko agar dirinya ditetapkan sebagai Kadis Kesehatan Jombang definitif.

Dari pungli tersebut, diduga Bupati Nyono mendapat jatah lima persen, sedangkan Inna mendapat satu persen, sedangkan paguyuban puskesmas Jombang mendapat satu persen pula. Selain untuk menjadikan Inna Kadis Kesehatan Jombang definitif, uang pungli juga dijadikan modal kampanye Bupati Nyono. Nyono berencana maju kembali menjadi Bupati Jombang periode 2018-2023.

Korupsi e-KTP

Ini adalah megakorupsi yang tengah menjadi sorotan sekarang. Perkaranya tengah bergulir di Pengadilan Tipikor dengan terdakwa eks Ketua DPR Setya Novanto. Kerugian akibat korupsi ini senilai Rp 2,3 triliun. Jumlah yang tidak sedikit.

“Perbuatan tersebut merugikan keuangan negara atau perekonomian negara sebesar Rp 2.314.904.234.275,39,” ujar Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat membacakan dakwaan Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).

Selain nilainya yang besar, rupanya proyek ini tidak berjalan mulus. Keluhan berdatangan dari masyarakat karena tidak kunjung mengantongi KTP Elektronik. Alasannya karena keterbatasan kertas. Meski sudah mengantongi, masyarakat pun dikecewakan dengan kualitas KTP elektronik yang cukup buruk. Anggota Ombudsman RI (ORI), Alvin Lie, mengeluhkan kualitas Kartu Tanda Penduduk elektronik. Dia bahkan mengalaminya sendiri. Laminasi E-KTP miliknya mengelupas.

“Saya sendiri mengalaminya. Salah satu korban KTP elektronik yang kualitasnya sangat menyedihkan,” kata Alvin kepada Liputan6.com, Kamis (14/9/2017).

Dia menuturkan, sudah berkoordinasi dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri. Menurutnya, ini sudah lama dibahas.

“Sudah sejak lama kami terus memantau dan bahas perkembangan dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri. Kami ada pertemuan berkala. Di samping kontak informal via telepon dan WA untuk hal-hal mendesak,” jelas Alvin.

Ia juga menengarai, buruknya kualitas KTP elektronik tersebut, karena proyek pengadaannya dikorupsi sejumlah oknum.

“Ini semua akibat korupsi kolosal proyek KTP elektronik,”

Veronica Tan Ungkap Kelakuan Ahok Sejak Nikah Hingga Sekarang

Setelah menjalin pernikahan kurang lebih 20 tahun, rumah tangga Ahok dan Veronica Tan terguncang. Ahok secara mengejutkan mengajukan gugatan cerai. Hingga kini belum jelas alasan perceraian itu walau di media sosial banyak sekali spekulasi yang muncul. Padahal selama ini dari luar kelihatannya keluarga ini cukup harmonis. Vero tampak selalu mendukung Ahok terutama dalam urusan politik.

Namun siapa sangka Veronica ternyata tidak begitu setuju awalnya Ahok terjun ke dalam dunia politik. Bahkan merasa Ahok tidak konsisten karena janjinya waktu itu menjadi pengusaha.

“Nikahnya mau berdasi kok,” kata Veronica dalam sebuah wawancara dengan TV swasta jelang pilkada Jakarta 2017 lalu.

“Tadinya bapak kan pengusaha. Janji nikahnya di tengah perjalanan  bilang enggak boleh ganti profesi,” Kata Veronica.

Veronica mengakui perubahan profesi Ahok dari seorang pengusaha menjadi seorang pejabat dipengaruhi oleh kehidupan bapaknya (mertua Veronica). Ayah Ahok saat itu menyatakan bahwa untuk menolong orang miskin tidak cukup jika menjadi pengusaha. Menjadi pejabat, akan mampu menolong lebih banyak orang dengan dana yang lebih besar.

Menjadi istri pejabat apalagi gubernur DKI Jakarta kala itu membuat Vero merasakan ia tak punya waktu banyak bersama Ahok. Walau demikian ia sudah mengerti mengingat ia sudah mendampingi Ahok jadi pejabat kurang lebih selama 15 tahun. Vero pun mengaku terjadi pembagian peran di rumah tangga. Vero memilih lebih banyak bersama anak. Apalagi katanya Ahok lebih sering pulang malam dan berangkat kerja pagi-pagi sekali. Kala ditanya apa yang paling disebelin dari suaminya, Vero mengakui soal waktu memang salah satu masalah.

“Soal waktu ya. Kalau sekarang sebelnya ya gitu, sudah gak bisa kemana-mana dong. Kemana-mana rebut difoto. Makan pun difoto, jalan pun difoto. Akhirnya milih di rumah saja. Bikin makanan enak, pesan makanan, nonton tv. Itupun pergi nonton juga sudah gelap baru masuk, sebelum terang keluar lagi,” ungkapnya.

“Kalau soal waktu ya namanya juga perempuan punya laki kok kerja untuk masyarakat terus nih. Waktu untuk kita kapan dong? Tapi kelihatnnya susah yah karena sudah situasi kondisi, ya jalanin aja,” terangnya.

Kisah perselingkuhan yang menyebabkan keluarga mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di ambang kehancuran terus menjadi perhatian publik. Selain melibatkan seorang mantan gubernur, kisah misteriusnya Julianto Tio alias Ahwa, orang yang disebut-sebut sebagai lelaki di balik retaknya biduk perkawinan Ahok-Veronica Tan, juga membuat warga semakin penasaran. Julianto Tio saat ini diketahui sebagai pemilik PT Tio Niaga, sebuah perusahaan yang ada di Jakarta Utara. Meski demikian, keberadaannya masih misterius.

Sejak gugatan cerai Ahok dilayangkan ke pengadilan, Julianto Tio seolah menghilang dari peredaran bumi. Hanya sedikit informasi yang diketahui mengenai lelaki tersebut. Baru-baru ini, di medsos mengungkapkan foto istri dari Julianto Tio. Nampak dalam foto tersebut, Julianto Tio sedang berdiri sedangkan sang istri sedang duduk di depannya. Dari foto tersebut sang istri nampak cantik, tidak kalah cantik dari istri Ahok, Veronica Tan.

Sejumlah karyawan mengaku pernah beberapa kali melihat istri Tio datang bersama dua anak mereka ke kantor PT Tio Niaga. Di mata mereka, sosok istri Tio yang berkulit putih dan berusia di bawah 40 tahun itu terbilang cantik.

“Kalah kalau sama Bu Vero, lebih cantik dia (istri Tio),” ujar seorang karyawan yang enggan disebut namanya.

Namun hingga kini, keberadaan Julianto Tio dan keluarganya masih misterius. Bahkan tempat usahanya pun diberitakan sering tutup setelah sidang perceraian Ahok-Veronica digelar. Misteri siapa Julianto Tio membuat banyak orang bertanya-tanya.

Siapa dia? Apa kehebatannya? Sehingga membuat rumah tangga pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Veronica Tan kini di ujung tanduk. Nama Julianto Tio belakangan santer diberitakan setelah disebut-sebut sebagai orang ketiga yang menjadi penyebab retaknya rumah tangga Basuki Thahaja Purnama alias Ahok dengan istrinya Veronica Tan. Meski namanya banyak diperbincangkan, hingga sekarang yang bersangkutan belum menunjukkan batang hidungnya. Belum ada pernyataan membenarkan atau membantah informasi yang disebutkan adik Ahok itu.

Informasi yang dihimpun, Julianto dikabarkan memiliki perusahaan bernama PT Tio Niaga Jaya Lestari dan beralamat di Jalan Marina Raya Rukan Cordoba Blok H No 16, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. Namun saat disambangi, tidak ada aktivitas di tempat tersebut. Rolling door ruko itu tampak tertutup. Sementara pintu kaca yang menutupi rolling door di dalamnya juga tidak bisa dibuka.

Salah seorang karyawan yang bekerja tidak jauh dari lokasi tersebut mengatakan bahwa kantor tersebut sempat buka untuk kemudian kembali tutup. Hanya saja tidak diketahui apa alasan kantor tersebut tutup dari jadwal biasanya.

“Tadi sih sempat buka, cuma nggak lama pas lihat lagi udah tutup. Biasanya jam segini (siang) masih buka,” ujar pria yang enggan disebutkan namanya itu, Kamis (1/2/2018).

Ia menceritakan semenjak kabar perceraian Ahok dan Veronica mencuat ke permukaan, kantor tersebut sering tutup. Salah satunya ketika awal-awal isu perselingkuhan muncul dan menyebutkan nama Julianto.

“Waktu itu sempat ramai disamperin wartawan pas baru-baru ada kabar tersebut. Ada saja wartawan yang datang pengen lihat. Emangnya benar ya mas itu kabarnya?” katanya balik bertanya.

Sepengetahuan pria tersebut, perusahaan yang menempati rukan itu bergerak di bidang makanan. Hanya saja ia tidak mengetahui persis bidang makanan seperti yang dijalani perusahaan tersebut.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Julianto yang begitu misterius?

Julianto adalah seorang pengusaha Tionghoa. Dia merupakan pendiri PT Tioniaga Jaya Lestari yang didirikan pada tahun 2005. Tioniaga adalah integrator sistem dan penyedia solusi yang fokus pada industri makanan dan minuman di Indonesia. Sejak namanya disebut-sebut sebagai selingkuhan Veronica Tan, Julianto seolah menutup segala hal yang berkaitan dengannya di internet, salah satunya situs Tioniaga.com milik PT Tioniaga Jaya Lestari.

Pada hari Rabu (8/1/2018) siang, situs tersebut masih bisa diakses, namun selang beberapa jam kemudian website tersebut tak dapat diakses. “This Account has been suspended” itulah yang akan muncul saat mencoba mengunjungi situs PT Tioniaga Jaya Lestari milik Julianto.

Selain situsnya, melansir berbagai sumber, kantor Tioniaga yang berada di Bukit Golf Mediterania – Pantai Indah Kapuk, Jl Marina Raya Rukan Cordoba Blok H No. 16, RT 7/RW 2, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pun tak beroperasi.

Terkait dengan dugaan perselingkuhannya dengan Veronica, dalam surat gugatan cerai yang dilayangkan Ahok disebutkan bahwa Julianto dan istri Ahok telah telah berhubungan sejak tahun 2010.

Kepada Ahok, Veronica Tan dan Julianto pun pernah berjanji bahwa mereka tak akan bertemu lagi. Namun, janji tersebut ternyata hanya tinggal janji manis belaka. Pada tahun 2016 lalu, Ahok bahkan menemui Julianto bersama putranya, Nicholas Sean Purnama. Keduanya menemui Julianto di sebuah rumah sakit, sebelum Ahok terjerat kasus penodaan agama. Secara baik-baik, Ahok meminta Julianto agar meninggalkan istrinya. Namun, Julianto justru menolak tegas permintaan itu.

“Dia secara gentleman datang dan memohon. Bayangkan, seorang gubernur datang dan memohon. Bayangkan, seorang gubernur loh,” kata Fifi.

Diketahui pula, Julianto ternyata sudah memiliki keluarga. Pada saat pertemuan dengan Ahok pun, Julianto tengah berada di rumah sakit menemani istrinya yang sedang bersalin. Adik Ahok itu juga menjelaskan alasan Veronica Tan susah melepaskan diri dari Julianto.

Cerita Nasib Perawat Di Surabaya Yang Buat Asusila Kepada Pasien

Tindakan asusila dilakukan seorang Perawat terhadap pasiennya di Rumah Sakit (RS) National Hospital Surabaya, Jawa Timur. tersangka yang diketahui bernama Junaidi itu meremas payudara pasien yang masih dalam pengaruh obat bius usai operasi.

Dalam video yang menjadi viral itu, korban meminta si tersangka mengakui perbuatannya. Pasien wanita yang masih mengenakan selang infus itu menangis menceritakan aksi cabul yang diduga dilakukan tersangka pria yang ada di depannya.

Kamu mengaku dulu apa yang kamu perbuat!” ujar korban sambil menangis.

“Iya, tapi tidak seperti itu, saya khilaf,” ujar perawat tersebut yang langsung meminta maaf, lantas bersalaman dengan korban dan keluarganya yang ada di ruangan tersebut.

Perawat Yang Telah Melakukan Asusila Kepada Pasien

Atas aksinya, perawat cabul itu dilaporkan pasien ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Surabaya. Polisi pun bergerak untuk menyelidikinya.

“Korban sudah dimintai keterangan,” ujar Kepala Polrestabes Surabaya, Komisaris Besar Polisi Rudi Setiawan.

Alhasil, satu orang ditetapkan sebagai tersangka pelecehan. Dia adalah karyawan RS National Hospital, Surabaya, Jawa Timur. “Kami tetapkan J sebagai tersangka,” kata dia.

Tersangka dikenakan Pasal 290 (1) KUHP tentang pencabulan dengan seseorang, padahal diketahui bahwa orang itu pingsan atau tidak berdaya.

Di balik kasusnya, tersangka yang memeras payudara pasien itu kini kena batunya. Apa saja?

Ini Lah Hukuman Yang Akan Di Dapat Kan Oleh Perawat Tersebut

di pecat dari pekerjaan nya

Selain menjadi tersangka, perawat yang melakukan tindakan asusila terhadap pasien itu juga diberhentikan dari pekerjaannya. Perilaku itu dinilai melanggar kode etik.

“Manajemen minta maaf dan mengambil tindakan tegas dengan memecat oknum tersebut,” ujar Kepala Perawat RS National Hospital Surabaya, Jenny Firsariana, Kamis (25/1/2018).

Perawat Yang Telah Berbuat Asusila Meminta Maaf Kepada Si Korban

Buron

Saat ini tersangka tersebut sedang di incar oleh pihak kepolisian atas pelecehan terhadap pasien yang sedang di operasi,saat itu pasien tersebut sedang di suntik obat bius untuk di operasi,dan tersangka tersebut langsunng memasukan tangan nya ke dalam baju si pasien tersebut yang telah di suntik obat bius,tersangka tersebut meremas payudar si pasien sebanyak 3 kali.

akan di penjara seumur hidup

tersangka tersebut kini sedang di buron oleh pihak keplisisn atas pelecehan seksual terhadap pasien tersebut,dan kini pihak kepolisian telah menetapkan kepada tersangka tersebut dengan hukuman mati atau di sebut dengan penjara seumur hidup.

SPESIES FAUNA YANG SANGAT EKSOTIS ASLI DI INDONESIA

SPESIES FAUNA YANG DI MILIKI DI INDONESIA SANGAT INDAH DAN UNIK

Negara kesatuan republik indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di daerah beriklim tropis. Di negara yang memiliki beribu pulau ini memiliki berbagai macam spesies flora dan spesies fauna yang sangat indah dan unik. Dengan banyaknya flora dan fauna di negara ini, maka banyak para ilmuwan mancanegara yang melakukan penelitian tentang makhluk hidup di tempat ini. Selain itu. Daerah yang berada di kawasan asia tenggara ini juga memiliki fauna eksotis asli indonesia yang sangat menarik. Jenis fauna eksotis asli negara indonesia ini memiliki keunikan dan keindahan sendiri, sehingga sangat berbeda dari negara lainnya.

Macam fauna menarik di indonesia

Selain terkenal sebagai negara maritim dan agraris, negara kesatuan republik indonesia ini juga popular dengan berbagai macam jenis faunanya yang sangat lengkap. Fauna asal indonesia ini memiliki ciri khas yang membedakan dari negara lain. Dengan keunikan fauna yang ada, maka banyak ilmuwan dari dalam dan luar negeri yang menyempatkan diri untuk meneliti hewan asli indonesia tersebut. Berikut beberapa jenis fauna yang sangat eksotis asli dari negara republik indonesia.

Komodo
Komodo merupakan salah satu fauna eksotis asli indonesia yang menarik. Jenis hewan yang satu ini tergolong dalam jenis hewan mamalia. Fauna yang satu ini merupakan salah satu jenis kadal terbesar di dunia yang panjang sekitar 2 sampai 3 meter. Saat ini fauna eksotis asli indonesia ini hanya dapat dijumpai di pulau komodo.

Burung Merak
Hewan eksotis indonesia yang berikutnya adalah burung merak. Fauna yang satu ini memiliki warna dan motif bulu yang sangat indah. Dengan keindahan bulu hewan tersebut, maka banyak orang yang menyukai hewan tersebut. Akan tetapi saat ini populasi merak ini semakin menurun seiring banyaknya pemburu yang menangkap hewan yang cantik ini.

Cendrawasih
Cendrawasih merupakan salah satu spesies fauna eksotis asli indonesia. Burung yang satu ini memiliki panjang tubuh sekitar 30 cm dan memiliki warna bulu yang sangat indah. Hewan ini habitat aslinya ada di hutan-hutan daerah papua.

Badak
Jenis hewan unik dan menarik asli dari negara indonesia berikutnya adalah badak. Badak termasuk hewan yang tergolong langka. Hewan ini memiliki badan yang besar dan terdapat cula di kepalanya. Banyak orang yang memburu badak ini untuk diambil culanya. Cula badak digunakan untuk proses pengobatan.

Orang Utan
Fauna eksotis asal negara republik indonesia yang tergolong langka yaitu orang utan. Orang utan sendiri termasuk dalam spesies kera. Hewan yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang besar. Jenis orang utan utan yang hidup di indonesia hanya terdapat di pulau sumatra dan pulau kalimantan.

Harimau
Hewan asli dari indonesia berikutnya adalah harimau. Hewan ini termasuk dalam golongan karnivora atau sering disebut hewan pemakan daging. Populasi harimau di indonesia setiap tahunnya mengalami penurunnya. Hal ini dapat terjadi karena maraknya perburuan liar. Selain perburuan liar, hewan buas yang satu ini semakin langka juga karena hutan sebagai habitat aslinya di pulau sumatra banyak ditebangi secara liar.

Tapir
Jenis fauna eksotis asli indonesia berikutnya adalah tapir. Bentuk hewan tapir ini hampir sama dengan babi, bedanya hewan tapir memiliki moncong seperti belalai. Tapir ini memiliki warna tubuh berupa hitam dan berwarna putih di bagian punggung. Warna tubuh tapir tersebut berfungsi untuk menyamar diri. Saat tapir terbaring, maka hewan ini hanya terlihat bagaikan batu yang besar saja. Dengan demikian, maka hewan ini akan terhindar dari musuhnya.

Pelabuhan Nusantara Kendari Sulawesi Tenggara

Kapal Feri Cepat (KFC) jenis Jetliner, tidak berhasil sandar dengan mulus di Pelabuhan Nusantara Kendari Sulawesi Tenggara Kamis (23/11/2017) sekitar pukul 16:30 Wita, karena Kapal menabrak Kantor Syahbandar Kendari. Akibat ditabrak kapal penumpang buatan Norwegia itu, kantor yang akan dipakai sebagai Gedung Dharma Wanita Syahbandar itu hancur di bagian belakangnya. Gedung yang sudah puluhan tahun berdiri itu, nyaris runtuh.

“Ada kesalahan perintah di ruang kemudi, sehingga kapal salah memutar haluan pada saat hendak sandar di pelabuhan,” ucap Kepala Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Kendari, Lutfi Israr, Kamis, 23 November 2017. Adapun salah seorang saksi mata, Aso, mengatakan pada saat sebelum kejadian kapal, tiba-tiba berbelok ke arah kanan. Selanjutnya, kapal menabrak gedung bagian belakang kantor tersebut.

Kapal Feri Cepat Menabrak kantor Syahbandar Kendari Sulawesi Tenggara

Seharusnya dia lurus, tapi saya heran kenapa belok kanan? Tiba-tiba kapal langsung miring dan menabrak gedung tersebut. Sebanyak 181 penumpang yang berada di kapal tersebut berhasil dievakuasi dengan selamat. Tim Basarnas bersama Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Kendari langsung mengerahkan bantuan.

Satu kapal motor cepat milik KPLP Kendari dan empat sekoci milik Basarnas langsung turun di lokasi kejadian. Selain itu, evakuasi juga dibantu nelayan dan warga setempat.

Sebelum dievakuasi, penumpang yang berada di atas kapal menyempatkan selfie atau swafoto dan kemudian, beberapa di antaranya melakukan live report dari bagian belakang kapal tersebut. Beberapa di antaranya, juga menelepon keluarganya yang sudah menunggu menjemput di dermaga.

Kepala Kantor Basarnas Kendari Djunaidi menyatakan, pihaknya akan membantu mengevakuasi kapal dan penumpang. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. “Kerugian material jelas ada, tapi syukur tiada korban jiwa.

Kapal cepat menabrak kantor syahbandar itu jelas mengagetkan petugas dan warga sekitar dan Kendati demikian, kejadian tersebut ternyata adalah yang ketiga kalinya. Sebelumnya, dua kapal tongkang pengangkut bahan bangunan juga menabrak Kantor Syahbandar Kendari.

Setahu saya sudah dua kali ditabrak, tapi ini yang paling parah,” ujar salah satu staf KPLP Kendari, Amrullah. Amrulah mengungkapkan, sebelumnya kapal tongkang yang menabrak adalah kapal yang bolak balik mengangkut material pembangunan Jembatan Bahteramas Kendari. Adapun jembatan tersebut merupakan salah satu megaproyek milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

SARANG INFO © 2018 Frontier Theme